Senin, 29 April 2024

Berawal dari Workshop, Aksi Cinta Indonesia Sukses Raih Tiga Medali Emas APAF Bangkok

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Olivia, Monica, Abi (tiga berdiri) dan Zoey (bawah kiri) bersama Ema Rahmawati penyiar Radio Suara Surabaya, Rabu (5/7/2023). Foto: Nadaa suarasurabaya.net

Aksi Cinta Indonesia sebuah komunitas musik yang berawal dari piano workhsop anak-anak usia sekolah dasar (SD) sukses meraih tiga medali emas di kompetisi seni terbesar Asia Performing Art Festival 2023 (APAF), Bangkok, Thailand 23-25 Juni 2023.

Olivia, Zoey, Monica dan Abi empat perwakilan Aksi Cinta Indonesia asal Surabaya, dalam kunjungannya ke Radio Suara Surabaya, Rabu (7/5/2023), menceritakan dari awal berkumpul sampai bisa meraih prestasi membanggakan.

“Awalnya memang kami dibentuk saat Pandemi Covid-19 tahun 2020. Itu berawal dari online piano workshop dan dilanjut vocal workshop,” kata Olivia mewakili rekan-rekannya.

Oliv melanjutkan, dari workshop tersebut, akhirnya mulai dipilih anak-anak yang menonjol dan memang serius di bidang musik untuk rekaman album bertajuk Mimpi yang sekarang bisa didengarkan di seluruh platform musik digital.

“Setelah album Mimpi jadi, lama-lama komunitasnya jadi makin besar dan banyak yang mau bergabung dari hampir seluruh kota di Indonesia,” bebernya.

Dia mengungkapkan, para anggota Aksi Cinta Indonesia berasal dari berbagai kota besar seperti Surabaya, Bogor, Palangkaraya, Semarang dan banyak kota lainnya.

Dari seluruh anggota itu, dibagi menjadi tiga kelompok yang terdiri dari trio Zoey, Monica dan Abi yang membawakan lagu Ben milik Michael Jackson. Kemudian duet Olivia dan Kimo asal Bali membawakan Payung Fantasi ciptaan Ismail Marzuki, serta Mia dan Clarence yang menyanyikan Somewhere Out There yang dikenalkan oleh Linda Ronstadt dan James Ingram.

Alasan dipilihnya lagu-lagu itu karena sangat jarang didengarkan kepada anak-anak zaman sekarang, apalagi dibawakan dalam sebuah panggung hiburan mau pun kompetisi.

“Kami semua latihan menyelaraskan suara hampir tiap hari dalam sebulan. Capek dan berat banget, tapi akhirnya terbayar dengan sukses memenangkan gold medal (medali emas) itu,” kata Oliv.

Mewakili rekan-rekannya, Oliv juga berharap ke depan anak-anak di Indonesia bisa meraih prestasi di event internasional.

Agenda terdekat Aksi Cinta Indonesia di antaranya bernyanyi bersama dengan anak-anak disabilitas pada 23 Juli 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, di salah satu hotel Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Tanggal 23 Juli nanti kami main bersama teman-teman Disabilitas Berkarya,” ucap Oliv.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs