Senin, 18 Oktober 2021

Jaga Ukhuwah, Unair Iktikaf Bersama di Minggu Terakhir Kerja

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Unair menggelar iktikaf bersama di Masjid Ulul Azmi Kampus C Unair, Surabaya pada Rabu (29/5/2019) malam. Foto: Istimewa.

Memasuki minggu terakhir hari kerja ebelum libur panjang lebaran, puluhan pimpinan, staff, dan mahasiswa Unair menggelar iktikaf bersama di Masjid Ulul Azmi Kampus C Unair, Surabaya pada Rabu (29/5/2019) malam.

Tradisi ini sudah rutin dilaksanakan setiap akhir Ramadhan sejak tahun 2007 silam. Muhammad Nasih Rektor Unair mengatakan, tradisi baik ini harus terus dijaga untuk menjaga ukhuwah di antara civitas akademika Unair.

“Ini penting untuk bisa kita lakukan bersama-sama. Biasanya kalau kita lakukan bersama-sama lebih enteng dibandingkan kita beriktikaf sendiri,” ujar Muhammad Nasih.

Iktikaf bersama yang digelar Unair ini diisi dengan berbagai hal. Dimulai dengan salat Isya dan tarawih berjamaah, kemudian dilanjut kajian, dan tilawah alquran, hingga salat Subuh berjamaah. Iktikaf ini pun sengaja digelar di minggu-minggu akhir menjelang libur lebaran.

Menurut Nasih, Iktikaf ini akan menjadi salah satu momen perpisahan bagi para pimpinan, staff, dan mahasiswa sebelum pulang dan merayakan lebaran bersama keluarga.

Masjid Ulul Azmi sudah digunakan sebagai pusat kegiatan iktikaf sejak diresmikan pada tahun 2016 lalu. Sebelumnya, iktikaf digelar di Masjid Nurruzaman yang terletak di Kampus B Unair, Surabaya.

Nasih mengaku, jarang ada institusi yang menggelar iktikaf bersama seperti ini. Ia berharap, iktikaf yang digelar Unair sejak 12 tahun lalu ini dapat menginspirasi institusi lain untuk melakukan hal serupa. (bas/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 18 Oktober 2021
33o
Kurs