Rabu, 24 April 2024

Cuci Tangan, Cara Sederhana Cegah Penyakit

Laporan oleh Ratna Puspita Sari
Bagikan

Kampanye cuci tangan menggunakan sabun yang digelar USAID, Minggu (06/05) di Tugu Pahlawan berlangsung meriah. Sekitar 1000 anak beserta ibunya mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi jumlah penderita penyakit tertentu.

LYNN ADRIAN Direktur Kantor Layanan Dasar Manusia (Basic Human Services) USAID Indonesia dalam release yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (06/05) menyatakan, USAID telah lama konsisten melihat pentingnya pencegahan dalam upaya pengendalian penyakit. Karena sebagian besar penyakit di negeri ini dapat dicegah dengan cara yang sangat sederhana yaitu mencuci tangan.

Satu diantara penyakit yang menyumbangkan korban terbesar yaitu, 20% balita di Indonesia meninggal dunia setiap tahun yang disebabkan karena diare.

Dengan fenomena ini sehingga dirasa perlu adanya didikan kepada masyarakat sejak dini. Dengan demikian menekankan pentingnya pelajaran sederhana menjadi fakta penting bagi masa depan Indonesia yaitu bagaimana membuat agar mencuci tangan menjadi bagian dari rutinitas keseharian anak-anak.

Meskipun semua orang setuju dengan pentingnya mencuci tangan. Namun berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, masih sedikit yang melakukannya dengan benar. Sehingga membutuhkan sebuah proses belajar yang benar agar menjadi efektif.

Air yang digunakan untuk mencuci tangan haruslah bersih dan dalam keadaan mengalir. Selain itu, sabun yang digunakan harus mampu menghilangkan kuman.

Teks Foto:
– Sepasang peserta yang ikut dalam kampanye kali ini.
Foto: RATNA suarasurabaya.net

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs