Minggu, 5 Mei 2024
Bersih Desa 2007

Dimeriahkan Reog Ponorogo

Laporan oleh Akhmad Naziq Fahruddin
Bagikan

Reog Ponorogo ikut meramaikan “Bersih Desa Tahun 2007” yang diadakan di Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya, Minggu (11/02).

Acara Bersih Desa ini dimulai dari RW 02 sebagai penyelenggara acara, kemudian diarak menuju Kelurahan Dukuh Pakis yang berjarak sekitar 800 Meter. Diiiringi arak-arakan Reog Ponorogo, yang memang sengaja ditampilkan agar acara Bersih Desa tersebut lebih meriah

MARDI Ketua Singo Barong saat ditemui suarasurabaya.net, mengatakan, disamping memeriahkan, ditampilkannya kesenian ini untuk melestarikan kebudayaan. Kelompok kesenian Reog yang dipimpinnya terbentuk sejak 1992.

“Alasannya membentuk kelompok kesenian Reog ini, demi melestarikan kebudayaan Ponorogo,”tegas MARDI yang asli kelahiran Ponorogo itu.

Tentang “Bersih Desa 2007”, PRAMU YUSUF Ketua Panitia Bersih Desa mengatakan, acara tersebut digelar rutin setiap tahun di bulan Suro. Acara ini diturunkan dari pendahulu di Kelurahan Dukuh Pakis.

“Bersih Desa 2007” tahun ini diadakan RW 2 sedang 6 RW yang lainnya sebagai peserta. “Biasanya acaranya diadakan bergantian antara 7 RW dari Kelurahan Dukuh Pakis Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya. Tahun ini giliran RW 2 yang jadi tuan rumahnya,”ujar PrAMU.

Menurut PRAMU untuk “Bersih Desa 2007” menghabiskan dana Rp 21 juta. Sedang dananya diambilkan dari iuran. Masing-masing RT di Kelurahan Dukuh Pakis dikenakan biaya Rp 350 ribu dari 31 RT yang ada di Kelurahan tersebut. Sisanya, diambilkan dari pihak sponsor dan donatur.

Acara “Bersih Desa 2007” berlangsung sampai Minggu malam. PRAMU menambahkan pagelaran wayang kulit juga akan digelar di Dukuh Pakis IV dan bazar rakyat.

Teks foto:
1. Atraksi kesenian Reog Ponorogo dalam “Bersih Desa 2007” di Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya
2. Selain kesenian Reog, nanti malam juga akan diadakan kesenian wayang kulit.
Foto : NAZIQ suarasurabaya.net

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs