Minggu, 28 April 2024
Setelah 8 Bulan Berlayar

KRI Dewaruci Kembali ke Tanah Air

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan

Setelah berlayar selama 8 bulan dengan mengarungi samudera Pasifik serta menyinggahi 8 kota di tiga negara masing-masing Amerika Serikat, Mexico dan Panama, KRI Dewaruci akhirnya memasuki perairan Indonesia. Senin (22/10) kapal latih TNI AL yang berhasil mencetak para perwira TNI AL ini merapat di Pelabuhan Umum Sorong, Papua.

Dalam siaran pers Dispen Koarmatim TNI AL yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (23/10) disebutkan kedatangan KRI Dewaruci yang baru saja mengikuti festifal lomba kapal layar tiang tinggi ASTA Chalannge 2007 di New Port, Amerika Serikat, disambut oleh Kolonel Laut (P) M. RICHARD Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Sorong beserta para prajurit TNI AL Lanal Sorong.

Turut hadir ikut menyambut Ketua YAHYA SALOSA DPRD Kab Sorong, ZA KADAKALO Ketua DPRD Kodya Sorong, NONO SUKARNO Sekda Kota Sorong, serta Pejabat TNI dan Polri Sorong.

Upacara penyambutan KRI Dewaruci yang tergabung dalam Satgas Kartika Jala Krida (KJK) Amerika Serikat tahun 2007 berlangsung sangat meriah dengan disaksikan oleh masyarakat setempat. Upacara adat Papua turut meramaikan untuk menyambut kedatangan KRI Dewaruci. Komandan KRI Dewaruci dihadiahi pengalungan bunga oleh warga setempat.

Usai acara penyambutan, para pejabat yang hadir menaiki KRI Dewaruci dan menerima penjelasan dari Komandan KRI Dewaruci mengenai suka duka melaksanakan pelayaran muhibah selama 8 bulan serta kegiatan yang telah dilakukan dalam mengikuti ASTA Challange di New Port Amerika Serikat.

KRI Dewaruci akan berada di Sorong selama 3 hari dalam rangka bekal ulang sekaligus mengadakan beberapa kegiatan antara lain kunjungan ke Bupati dan Wali kota Sorong, Komandan Korem, Administratur Pelabuhan dan Kapolres.

Selama singgah di Sorong KRI Dewaruci menggelar Open Ship, Kirab kota dengan star di depan RSAL Sorong dan finish di depan Lanal Sorong. Selain itu juga, akan diadakan kunjungan dalam rangka promosi kadet AAL ke SMU 1 dan 2 Sorong, pertandingan olah raga dengan prajurit Lanal Sorong dan Satgas Marinir, dan terakhir akan diadakan acara Coctail Party di geladak KRI Dewaruci dengan hiburan tarian Rampak Gendang dan Reog Ponorogo yang dibawakan oleh para kadet AAL dan ABK KRI Dewaruci.(edy)

Teks Foto :
– Awak KRI Dewaruci saat diterima pejabat pemerintah Sorong, Papua.
Foto : dok Dispen Koarmatim TNI AL.

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs