Kamis, 9 Mei 2024

Katarak Penyebab Kebutaan Nomor Satu

Laporan oleh Birgitta Nurina Ningga Mone
Bagikan

Katarak menjadi penyebab nomor satu kebutaan di dunia. 73% penderita katarak adalah wanita. Katarak bisa diidap anak kecil hingga orang tua.

Ini merupakan fakta tentang penyakit katarak yang tidak banyak diketahui masyarakat. Demikian diungkapkan dr ERRY DEWANTO, dokter spesialis mata Rumah Sakit (RS) Mata Fatma pada sebuah acara “Mata dan Wanita” pengobatan mata gratis memperingati Hari Ibu di Royal Plaza Surabaya, Sabtu (22/12).

Kata ERRY yang juga Komisaris RS Mata Fatma waktu ditemui suarasurabaya.net, katarak merupakan gangguan fungsi lensa yang menyebabkan lensa menjadi keruh. Keluhan awal penderita biasanya pandangan yang kabur.

Katarak biasanya terjadi pada usia 55 tahun ke atas, namun bisa juga terjadi pada anak usia 3 tahun. Hal ini disebabkan karena faktor gen dan gizi buruk selama kehamilan.

Ada tiga jenis katarak. Yang pertama katarak belum matang. Pada jenis ini penderita masih bisa melihat hingga lebih dari 1 meter. Jenis kedua adalah katarak matang. Penderita hanya bisa melihat bayangan atau goyangan tangan. Yang terakhir adalah katarak lewat matang. Pada jenis ini penderita hanya dapat melihat sinar.

SISILIA WAHYU penanggung jawab pengobatan mata gratis memperingati Hari Ibu, mengatakan, katarak tidak dapat diobati dan jalan satu-satunya untuk mengobati katarak adalah dengan operasi. Masalahnya masih banyak orang yang takut dioperasi walaupun mereka tahu kalau mereka mengidap katarak.

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini operasi katarak tidak perlu ditakuti lagi. Operasi menggunakan laser dapat menjadi pilihan. Operasi laser hanya memerlukan waktu 15 menit saja dan dapat dilakukan pada katarak belum matang. Selain itu penyembuhannya pun tergolong cepat dan tidak perlu jahitan.(bir/ipg)

Teks foto :
1. Seorang Ibu diperiksa matanya dengan alat bernama slitlamp pada acara pemeriksaan mata gratis memperingati Hari Ibu.
2. Puluhan ibu mengantri untuk diperiksa matanya pada acara tersebut.
Foto: BIRGITTA suarasuarabaya.net

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs