Minggu, 14 Juli 2024

Pilot dan Co Pilot Garuda GA 200 Digrounded

Laporan oleh Marmorittarieta Stiltaurantia
Bagikan

Direktorat Sertifikasi dan Kelaikan Udara (DSKU) meng-grounded pilot dan co pilot Garuda GA 200 yang terbakar di Yogyakarta.

Pilot dan co pilot itu masing-masing M. MARWOTO KOMAR dan GAGAM SAMAN ROHMANA.

DSKU menggrounded pilot dan co pilot karena pesawat mengalami off run dan terbakar. Demikian disampaikan YULIS HASIBUAN Direktur DSKU.

Menurut YULIS, grounded dilakukan sampai penyelidikan KNKT tuntas dan jelas. Untuk aktif kembali sesudah penyelidikan tuntas, pilot dan co pilot Garuda harus mengikuti tes simulasi dari awal lagi.

Sementara, dalam penyelidikan, menurut YULIS, kecelakaan Garuda GA 200 di Yogyakarta tidak ada hubungannya dengan cuaca dan pesawat itu sendiri.

Tetapi YULIS enggan menjelaskan lebih lanjut penyebab kecelakaan, apakah faktor manusia atau bukan. Sementara, KNKT belum dapat memastikan pilot dan co pilot Garuda ga 200 diperiksa di Yogyakarta atau di Jakarta.

MUHAMMAD YUSUF Wakil Ketua KNKT pada FAIZ reporter Suara Surabaya di Jakarta, Sabtu (10/03) mengatakan, sampai sekarang, pilot dan co pilot masih mengalami shock, dan belum dapat diperiksa. Untuk memeriksa, harus izin dokter terlebih dahulu.{clip*1}

MUHAMMAD YUSUF belum dapat mentargetkan, kapan penyelidikan kecelakaan Garuda di Yogyakarta selesai, karena sekarang KNKT masih meminta keterangan saksi-saksi.

Selain itu, black box pesawat juga akan dibuka tim penyelidik Australia. Sesudah penyelidikan itu pun, KNKT juga harus membuat analisis.

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
23o
Kurs