Jumat, 3 Mei 2024

500 Outlet Bank di Surabaya Siap Layani Penukaran Uang Pecahan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Ada sekitar 500 outlet bank mulai Bank BUMN, BPR dan swasta yang tersebar di Surabaya melayani jasa penukaran yang pecahan kecil menjelang lebaran.

Hamid Ponco Buwono Deputi Bidang Sistem Pembayaran dan Management Intern BI Surabaya pada Radio Suara Surabaya mengatakan, outlet penukaran uang termasuk di bank-bank jalan protokol yang ditandai dengan spanduk “Penukaran Yang Tanpa Dipungut Biaya”.

“Hampir semua bank bisa tapi biasanya cabang tidak melayani. Hanya di bank umum dan BPR yang melayani penukaran uang,” kata dia.

Untuk layanan penukaran uang, lanjut dia, bank-bank menyediakan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Tidak ada syarat khusus untuk melakukan penukaran uang dan tidak ada pembatasan namun sesuai kebutuhan masyarakat saja.

“Tapi biasanya bank membuat aturan sendiri, misalnya hari ini khusus pecahan Rp.5000 dan besok pecahan Rp.10.000,” ujar dia.

Sementara itu, untuk mengantisipasi banyaknya calo penukaran uang pecahan menjelang lebaran ini, kata Hamid, biasanya bank-bank sudah mengetahui dan bagi siapa yang akan menukarkan uang biasanya dimintai identitas seperti KTP.

“Sebisa mungkin masyarakat jangan menukar uang pecahan di jalan-jalan. Dikuatirkan disisipi uang palsu atau jumlah uangnya yang kurang,” tambah dia. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs