Jumat, 26 April 2024

92 Ribu Pemudik Kereta Api Tinggalkan Jakarta

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Pemudik lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Sekitar 92 ribu penumpang kereta api tinggalkan Jakarta sejak H-10 sampai hari ini. Ini merupakan pemudik lebaran di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota.

Demikian disampaikan Agus Komarudin Kepala Humas Daops 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia, Senin (21/7/2014).

Menurut Agus, PT Kereta Api Indonesia hanya mencatat untuk jumlah penumpang pada H-10 sampai H+10 lebaran. Pemudik yang menggunakan kereta api ini jurusan yang dituju adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

“H-10 itu ada 38.200 seat per hari dari Gambir. Kalau dari Pasar Senen itu selama 3 hari ini, termasuk dari Stasiun Jakarta Kota itu, kurang lebih ya 54 ribuan seat,” ujar Agus di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014).

Dia mengatakan, untuk angkutan lebaran H-7 ini, ada 14 kereta api tambahan yang dioperasikan. Karena tidak ada penumpang yang berdiri, menurut Agus, pada lebaran tahun ini tidak ada istilah puncak mudik.

Agus menegaskan, sejauh ini belum ada penumpang yang melanggar dan naik tanpa tempat duduk, karena penumpang ketika masuk peron selalu di cek KTP nya dan harus sesuai dengan yang tertera di tiket. Masuknya pun juga. Menggunakan sistem boarding, sehingga pada jarak waktu tertentu, para penumpang baru boleh masuk peron yang selanjutnya masuk kereta api.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs