Rabu, 24 April 2024

Ajak Anak Sejak Dini Mengenal Batik Lewat Lomba Membatik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Sebagai satu diantara upaya mengajak anak-anak sejak dini mengenal lalu diharapkan kemudian mencintai Batik, Kamis (22/5/2014) di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur digelar lomba membatik, yang juga menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2014.

Evi Widjayanti satu diantara panitia menyampaikan bahwa lomba kali ini memang ditujukan khusus kepada siswa sekolah dasar di seluruh Kabupaten Kota yang ada di Jawa Timur, sekaligus untuk mengajak anak-anak sejak dini mengenali Batik.

“Ada sekurangnya 20 peserta, mereka masih anak-anak di tingkat sekolah dasar. Lomba membatik kali ini memang menjadi satu diantara upaya mengajak anak-anak mengenal Batik. Dengan mengenal warisan tradisi ini diharapkan mereka juga akan mencintainya,” ujar Evi pada suarasurabaya.net.

Masing-masing peserta diberikan keleluasaan untuk membuat motif atau memunculkan idenya sendiri, tetapi wajib menuangkannya dalam bentuk Batik. “Obyeknya bebas. Tetapi memang harus digambar atau dilukis dengan menggunakan teknik Batik,” pungkas Evi Widjayanti.

Peserta cukup antusias dan serius mempersiapkan diri dalam lomba membatik yang digelar Dinas Pendidikan Porvinsi Jawa Timur, Kamis (22/5/2014) ini yang merupakan bagian dari rangkaian memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2014.

Mohamad Ridwan satu diantara peserta lomba membatik mengaku senang dan suka dengan Batik. Termasuk proses membuat desain batik. “Belajar sama orang tua. Terus suka. Sekarang sering ikut lomba, dan menang beberapa kali,” ujar Mohamad Ridwan sembari membatik saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (22/5/2014).(tok/dwi)

Teks foto:
– Lomba membatik peringati Hari Anak Nasional 2014.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs