Senin, 6 Mei 2024

Aktifis Lingkungan Dukung Polisi Ungkap Kasus Pertukaran Satwa KBS

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Puluhan aktifis lingkungan hidup dan budayawan, mendukung polisi mengusut tuntas kasus pertukaran satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS).

{jpg*}Dukungan para aktifis lingkungan hidup itu disampaikan dengan menggelar aksi damai, di depan Mapolrestabes Surabaya, Senin (2/6/2014).

Dalam aksi gabungan beberapa elemen masyarakat Surabaya itu, disampaikan kalau proses penyidikan polisi untuk mengungkap pelaku pertukaran satwa di KBS perlu dapat dukungan dari semua warga Surabaya.

Aksi keprihatinan dan dukungan pada polisi di Mapolrestabes Surabaya, juga diikuti para aktifis lingkungan diantaranya Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL), Komuntas Nol Sampah, Komunitas Budaya Surabaya (KBS) dan puluhan aktifis mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Surabaya.

“Semua satwa di KBS itu milik negara, untuk itu warga Surabaya juga harus punya perhatian dengan kondisi satwa di KBS, apalagi kalau sampai ditukar dengan uang atau mobil,” ujar Taufik Hidayat Koordinator Aksi dari Komunitas Budaya Surabaya (KBS).

Selain itu Taufik juga minta pada polisi untuk tidak ragu-ragu segera menetapkan tersangka dalam kasus pertukaran satwa di KBS. “Kalau memang ada tersangka harus segera ditetapkan, tapi kalau memang tidak ada tersangka harus segera dihentikan penyidikannya dan hasilnya disampaikan ke warga Surabaya,” tegasnya.

Sementara AKBP Sumaryono Kasaterskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, polisi tidak akan menghentikan kasus pertukaran satwa di KBS. “Kami juga merasa memiliki KBS, untuk itu kami tidak akan menghentikan penyidikan kasus itu,” jelas Sumaryono.

Dikatakan Sumaryono, kalau penyidikan kasus pertukaran satwa di KBS terkesan lamban, itu terjadi karena beberapa waktu lalu, masih konsentrasi melakukan pengamanan pemilu legislatif. “Bahkan minggu lalu beberapa anggota kita juga baru pulang dari Kementrian Kehutanan, untuk melanjutkan penyidikan kasus pertukaran satwa di KBS,” paparnya.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya berjanji, proses penyidikan kasus itu, diharapkan dalam waktu segera sudah bisa ditentukan tersangkanya. “Kita dalam melakukan penyidikan sebuah kasus, selalu berprinsip cepat, terukur dan profesional,” ungkapnya. (tas/ipg)

Teks Foto :
– Aksi dukungan pada polisi di Mapolrestabes Surabaya, untuk mengungkap kasus pertukaran satwa di KBS, diikuti para aktifis lingkungan di Surabaya, Senin (2/6/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs