Senin, 27 Mei 2024

Animo Masyarakat Mendirikan Koperasi Tinggi

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Surabaya menilai animo masyarakat di Kota Pahlawan untuk mendirikan koperasi sampai sekarang cukup tinggi.

Hadi Mulyono Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya mengatakan dari tahun ke tahun animo masyarakat mendirikan koperasi cukup tinggi. “Dari data yang ada, selama tahun 2013 tercatat ada 50 izin pendirian koperasi baru,” ujarnya, Minggu (9/2/2014).

Ditambahkan Hadi, sampai awal 2014 ini, di Surabaya tercatat sudah ada 1.600 koperasi.

Menurutnya, dari jumlah koperasi itu, koperasi yang tidak aktif jumlahnya 154 unit atau tidak sampai 10 persen, sementara lainnya masih hidup atau beraktivitas.

Hadi mengatakan penyebab koperasi itu tidak aktif di antaranya usahanya atau lembaganya yang tidak jalan. Sebab selama ini ide pendirian koperasi itu berasal dari masyarakat yang mendirikan koperasi.

Selama ini, Dinas Koperasi dan UMKM kebagian peran untuk menfasilitasi ide itu. Keberadaan koperasi, lanjut Hadi, menjadi alternatif pilihan masyarakat yang disesuaikan dengan komunitasnya dalam rangka untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan.

“Koperasi tidak hanya simpan pinjam, tapi juga aktivitas kehidupan lainnya,” katanya.

Hadi mulyono menjelaskan, selama ini upaya yang dilakukan pihaknya untuk mendukung kemajuan koperasi dengan intensif menggelar diklat, bimbingan teknis, dan seminar bagi masyarakat, serta mengirimkan anggota koperasi untuk mengikuti pelatihan-pelatihan demi memantangkan SDM.

“Koperasi bisa menjembatani tingkat kesejahteraan lebih cepat. Paling tidak, koperasi bisa menjadi mobil mereka untuk ditumpangi guna mempercepat pemenuhan kesejahteraan,” ujarnya. (ant/tas)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs