Sabtu, 4 Mei 2024
Sambut Hari Jadi Kota Surabaya

Anjing Safety Riding Keliling Surabaya

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Banyak cara yang bisa digunakan untuk turut merayakan hari jadi Kota Surabaya ke-721. Mulai dari acara yang sifatnya ceremonial hingga sesuatu yang bersifat unik.

Ace Ronaldo, si anjing cerdik ini misalnya. Handoko Nyotokusumo warga Rungkut Megah Raya, Surabaya, mengajak anjing kesayangannya itu berkeliling Kota Surabaya, Sabtu (31/5/2014), menggunakan sepeda motor maticnya. Menunjukkan rasa bangga menjadi warga Surabaya, pria pecinta anjing ini, menempel tulisan ‘HUT Kota Surabaya Ke-721’ diatas kepala motornya.

Tidak sekadar berkeliling kota, Handoko dan Ace anjing kesayangannya, cukup menarik perhatian banyak orang saat berboncengan mengendara sepeda motor maticnya. Bagaimana tidak, layaknya dua orang yang sedang berkendara, si anjing yang sudah sangat jinak, duduk dibelakang Handoko, dan mengenakan helm untuk safety riding.

Handoko saat menyempatkan mampir ke halaman kantor Suara Surabaya Media, Sabtu sore mengatakan, dirinya sengaja mengajak anjing kesayangannya untuk berkeliling dengan bersepeda motor. Ace yang sudah dipelihara sejak dua tahun empat bulan yang lalu, cukup terlatih duduk dijok motor dalam keadaan motor berjalan.

“Dia ini sudah terlatih menjaga keseimbangannya di atas jok motor. Tapi harus scoopy (jenis motor matic–red), lainnya tidak bisa,” kata Handoko kepaada suarasurabaya.net, Sabtu (31/5/2014).

Dia menambahkan, anjing jenis Golden Retreiver miliknya, sudah mulai dilatih sejak umur empat bulan. Bahkan, saking dekat dengan tuannya, anjing ini tidak mau masuk kamar saat tuannya pergi ke luar rumah. Si anjing memilih menunggu di lantai bawah, hingga tuannya pulang.

Yang menarik dari anjing ini, kata Handoko, ketika tidak sedang naik motor, si anjing enggan untuk memakai helm. Namun saat si anjing sudah duduk di atas jok motor, tidak hanya helm, kacamatapun bisa dipakaikan.

“Anjing ini sudah terlatih tertib. Sudah dibiasakan pakai helm saat naik motor. Sehingga kebiasaan itu selalu diingat oleh Ace,” kata Handoko.

Dia juga mengatakan, saat diajak jalan-jalan, banyak orang yang ingin berfoto bersama anjing kesayangannya. Dan tidak jarang diberhentikan saat mengendarai sepeda motor. “Banyak yang ingin foto bareng, apalagi ibu-ibu. Kadang sampai diberhentikan saat naik motor, hanya untuk foto-foto,” ujarnya. (wak)

Teks Foto:
– Ace Ronaldo, si anjing cerdik bersama Handoko pemiliknya saat di halaman kantor Suara Surabaya Media.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
29o
Kurs