Jumat, 29 Maret 2024

Antisipasi, Dinas Peternakan Kediri Periksa Hewan Kurban

Laporan oleh Triono
Bagikan

Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan pada kesehatan hewan kurban untuk mengantisipasi adanya penyakit yang berbahaya.

Sri Suparmi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan, pemeriksaan itu melibatkan petugas khusus guna mengetahui kesehatan hewan agar calon pembeli tidak tertipu kondisi hewan yang dibelinya.

“Sidak ini untuk mengetahui kesehatannya. Ciri hewan yang sehat, mata bersinar, hewan lincah, tidak buta, tidak pincang, bulu mengkilat,” Kata Sri seperti dilansir Antara Selasa (23/9/2014).

Pihaknya juga meminta agar calon pembeli juga selektif membeli ternak, terlebih lagi untuk keperluan kurban. Selain harus sehat, baik kambing ataupun sapi juga harus sesuai dengan syarat dijadikan hewan kurban.

Dalam pemeriksaan itu, ada sekitar 10 orang petugas dari dinas yang dilibatkan. Mereka dibagi di sejumlah titik seperti di Desa/Kecamatan Gurah, Desa Brenggolo di Kecamatan Plosoklaten, Desa Sumberejo dan Desa Tugurejo di Kecamatan Ngasem.

Dalam pemeriksaan itu, petugas tidak menemukan hewan yang sakit parah. Penjual sendiri mengaku sudah melakukan seleksi ternak yang dijualnya, sehingga hanya menjual ternak yang sehat.(ono/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs