Selasa, 31 Maret 2020

BNPB Adopsi Penanganan Bencana Dari Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengadopsi cara penangganan bencana yang sukses dilakukan pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menangani Letusan Gunung Kelud.

“Jawa Timur telah sukses dan kami di BNPB akan mengadopsi untuk kami sosialisasikan ke daerah-daerah,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB ketika berada di Surabaya, Kamis (13/3/2014).

Menurut dia, Jawa Timur cepat dalam mengambil kebijakan dan langsung menetapkan bencana Kelud sebagai bencana provinsi tanpa menunggu arahan dari pusat. Akibatnya, penanganan bencana Kelud juga bisa dilakukan dengan cepat.

Padahal, penanganan bencana di daerah bisanya selalu ramai permintaan untuk menjadikan bencana nasional. Tapi ini tidak berlaku di Jawa Timur.

“Di Jawa Timur hampir 100 persen ditangani sendiri, bahkan perbaikan rumah paska kejadian serta pengadaan dananya juga murni dari APBD Jawa Timur,” kata dia.

Selain itu, pelibatan TNI dan Polri yang menyeluruh juga bisa dijadikan contoh. Begitu juga kemampuan masyarakat Jawa Timur yang langsung tanggap dan tidak mengeluh menjadikan penanganan bencana Kelud memang layak diapresiasi.

“Model ini bisa ditiru, masyarakatnya sudah sangat terlatih, sehingga ketika kejadian tidak ada korban. Bahkan juga tidak ada korban apakah itu kecelakaan di jalan atau selama dalam pengungsian semua selamat,” ujarnya. (fik/wak)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
25o
Kurs