Rabu, 8 Mei 2024

Bahaya Boraks Pada Kesehatan

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Boraks merupakan zat kimia yang sering dijumpai pada makanan sehari-hari, seperti bakso, tahu dan mie basah. Zat kimia ini biasanya sengaja digunakan oleh pedagang nakal agar bahan yang dijual tetap awet.

Boraks atau asam borat ini sebenarnya bermanfaat diantaranya sebagai bahan pembuat deterjen, bersifat antiseptik dan mengurangi kesadahan air. Jika boraks terhirup, mengenai kulit atau tertelan maka dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan, iritasi kulit, iritasi mata, gangguan pada sistem saraf, ginjal, hati, kulit, gejala pendarahan di lambung dan gangguan stimulasi saraf pusat. Dan jika 5-10 gram boraks tertelan oleh anak-anak, bisa menyebabkan shock dan kematian.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.722/Menkes/Per/IX/ tahun 1988 tentang Bahan Tambahan Makanan, penggunaan borax sebagai bahan tambahan pangan dilarang karena berbahaya bagi kesehatan.

Apa bahaya utamanya ? jika termakan boraks dapat mengakibatkan efek pada susunan syaraf pusat, ginjal dan hati.

Sementara itu, untuk mengenali gejala keracunan boraks ditandai dengan :

1. Tanda dan gejala akut
Tanda dan gejala akut keracunan boraks meliputi muntah-muntah, diare, konvulsi dan depresi susunan saraf pusat.

2. Tanda dan gejala kronis
Tanda dan gejala kronis keracunan boraks meliputi nafsu makan menurun, gangguan pencernaan, gangguan susunan saraf pusat, tampak bingung dan bodoh, anemia, rambut rontok, dan dapat berakibat muncul kanker.(berbagai/nia)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs