Senin, 29 April 2024

Beberapa Jenis Satwa KBS Rentan Kembung

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Pada kondisi cuaca lembap seperti yang terjadi di Kota Surabaya belakangan ini, disampaikan drh. Liang Kaspe Direktur Operasional PDTS KBS, beberapa satwa rentan mengalami gangguan perut terutama kembung.

“Untuk jenis satwa pemakan rumput, tergolong rentan mengalami gangguan perut terutama kembung. Jika tidak cepat ditangani, kembung pada satwa berakibat fatal hingga kematian,” terang drh Liang Kaspe.

Satwa seperti rusa, kijang yang terbiasa mengkonsumsi rumput segar, pada kondisi cuaca lembap seperti ini, akan mengkonsumsi rumput segar yang masih basah pada bagian dalamnya dikarenakan hujan.

Jika rumput seperti itu langsung dikonsumsi satwa, lanjut Liang, maka ada kemungkinan satwa akan mengalami gangguan pada pencernaan, karena adanya sisa air pada rumput.

“Kalau biasanya rumputnya segar dan kering, pada cuaca yang lembap, matahari sinarnya lemah, maka rumput segar yang biasanya dikonsumsi satwa mengandung air. Ini tidak menguntungkan untuk satwa,” tegas Liang Kaspe.

Ketika satwa mengalami gangguan perut, seperti kembung, tentunya berbeda dengan manusia. “Kalau manusia bisa cepat-cepat cari obat. Kalau satwa?” pungkas Liang Kaspe pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs