Jumat, 29 Maret 2024

Belajar Jadi Peneliti, Pelajari Ekosistem

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Siswa SMP Putri Luqman Al Hakim Hidayatullah, Surabaya, Jumat (7/2/2014) , diajak belajar mengenai kehidupan ekosistem yang ada di sekitar mereka, termasuk di sekitar lingkungan sekolah.

Membawa serta catatan untuk menuliskan apa saja yang mereka jumpai dalam pembelajaran ekosistem kali ini, para siswa diminta untuk melihat langsung apa yang mereka amati dan perhatikan.

“Bukan sekadar berlatih melakukan penelitian. Tetapi dalam aktivitas yang dilakukan para siswa juga belajar bekerjasama, diskusi, keberanian menyampaikan pendapat, serta belajar beradu argumentasi,” terang Sofi satu di antara pengajar.

Memilih lokasi dilingkungan sekitar sekolah, para siswa kemudian memanfaatkan seluruh tanaman disekitar sekolah sebagai bahan dari penelitan terkait pembelajaran ekosistem.

Kepada para siswa diminta untuk nantinya mempresentasikan hasil temuannya didepan kelas, yang juga sekaligus menjadi bahan latihan untuk menyampaikan ide serta pendapat secara baik dan benar di muka umum.

“Yang pasti dari kegiatan pembelajaran ekosistem di luar kelas ini banyak manfaat yang bisa diambil para siswa. Ini pembelajaran diluar ruang kelas tetapi diharapkan memberikan manfaat maksimal bagi siswa,” pungkas Sofi pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Teks foto:
-Melakukan penelitian sederhana untuk pembelajaran di luar kelas.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs