Senin, 29 April 2024

Besok, Polrestabes Surabaya Persiapkan Operasi Lilin Semeru

Laporan oleh Triono
Bagikan

Apel kesiapan operasi Lilin Semeru 2014 akan dilaksanakan pada Selasa (23/12/2014). Sedangkan operasi Lilin Semeru akan dilaksanakan mulai tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2015.

Kombespol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya dalam wawancara dengan Radio Suara Surabaya, Senin (22/12/2014) mengatakan, dalam 10 hari Polrestabes Surabaya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Timur.

Dia menambahkan, tidak ada yang berbeda pada operasi lilin Semeru kali ini dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Ibaratnya kalau umat Muslim operasi ketupat, sementara umat Nasrani operasi lilin. Berikutnya akan dilakukan pengamanan jelang tahun baru,” ujarnya

Disinggung tentang adanya 6 warga Surabaya yang diduga terlibat jaringan teroris, dia mengatakan, pihaknya akan mensterilkan tempat-tempat ibadah sebelum Misa. Selain itu, pihaknya juga meminta Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polda Jawa Timur.

Junianta memastikan, pihaknya akan mengerahkan anggotanya sekitar 900 personel dengan dibantu Polda Jatim. Dia juga menjamin pengamanan tidak hanya dilakukan di gereja besar saja, namun juga di gereja kecil.

Pihaknya sudah menyampaikan imbauan ke Kamtibmas kepada seluruh gereja di Surabaya tentang kiat atau saran yang dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kurang lebihnya, jangan membawa tas yang tidak ada hubungannya dengan ibadah. Jangan pula membawa perhiasan yang terlalu mencolok,” tambahnya

Mengenai peran ormas dalam operasi kali ini, Polres Surabaya tidak menutup diri untuk menerima bantuan. Dengan catatan, para ormas tersebut sudah berkoordinasi dengan kepolisian sebelumnya.(dop/ono/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs