Senin, 6 April 2020

Borobudur Dibuka Sampai Lantai 1, Minat Wisatawan Tetap Tinggi

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Wisata Candi Borobudur meski Sabtu (22/2/2014) hari ini masih dalam proses pembersihan dari abu vulkanik Gunung Kelud dan hanya dibuka sampai lantai 1, namun minat wisatawan sudah cukup tinggi.

Pantauan suarasurabaya.net di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah ini, terlihat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi situs megah warisan budaya dunia tersebut.

Meskipun masih dalam proses pembersihan, justru momen ini dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai obyek foto-foto.

Dari data petugas pusat informasi yang dihimpun suarasurabaya.net, Jumat (21/2/2014) kemarin Candi Borobudur dibuka hanya sampai pelataran, tapi Sabtu ini sampai lantai 1. Dibukanya secara bertahap, sesuai sampai proses pembersihannya.

Pada Jumat (21/2/2014) kemarin ada 1.800 pengunjung, diperkirakan hari ini saat weekend lebih banyak lagi. Di hari normal biasanya bisa mencapai 5.000 hingga 7.000 pengunjung.

Sementara itu Panggah Ardiyansyah Koordinator Pemanfaatan dan Layanan Masyarakat, Balai Konservasi Borobudur mengatakan, pasca terkena abu vulkanik Gunung Kelud, pembersihan Borobudur baru bisa dilakukan Senin (17/2/2014). Pembersihan dilakukan oleh para relawan juga dari aparat. Total hingga Sabtu ini ada sekitar 1.700 relawan yang berpartisipasi membersihkan candi.

Kata Panggah, pembersihan dilakukan dengan dua cara, yakni kering dan basah.

“Pembersihan kering dengan cara mengumpulkan abu, dengan disapu dan disikat. Baru kemudian setelah bersih, dibersihkan dengan cara basah, yaitu disemprot air,” jelasnya.

Sampai hari Jumat (21/2/2014) kemarin Candi Borobudur sudah 60 persen proses pembersihannya. Hari ini diperkirakan bisa mencapai 80 persen.

“Target kami pada Rabu, 26 Februari nanti bisa 100 persen tuntas pembersihannya. Sehingga bisa dibuka total untuk wisatawan lagi,” pungkas Panggah. (ipg/dwi)

Teks Foto :
– Candi Borobudur yang ramai dikunjungi wisatawan
Foto : Iping suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Senin, 6 April 2020
27o
Kurs