Kamis, 2 Mei 2024

Bulus Tandai Suaka Ikan Kali Surabaya

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Ratusan massa mendukung pelaksanaan suaka ikan Kali Surabaya, yang digelar Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton).

Dukungan mereka berikan dengan melakukan beberapa aksi upaya penyelamatan dan revitalisasi Kali Surabaya, diantaranya dengan melepas ribuan ikan bader ke Kali Surabaya, Jumat (30/5/2014)

Andreas Agus Kristanto Manager Program Ecoton mengatakan, upaya revitalisasi Kali Surabaya itu, sebelumnya diawali dengan kegiatan workshop yang diikuti beberapa pihak berkepentingan dengan kondisi Kali Surabaya, di antaranya pelajar, kepala sekolah SD-SMA Se-Wringinanom, pamong desa dan pegawai puskesmas.

Dengan kegiatan itu, diharapkan warga yang ada di kawasan Hulu Kali Surabaya paham tentang konservasi perikanan yang selama ini digagas Ecoton dan para aktifis lingkungan di Jawa Timur.

“Selain itu, dengan adanya agenda suaka ikan Kali Surabaya, kami berharap, potensi desa di Wringinanom bisa dimaksimalkan untuk mendorong suaka ikan Kali Surabaya,” jelas Andreas.

Sementara Prigi Arisandi Direktur Ecoton mengatakan, agenda Suaka Ikan Kali Surabaya itu, diakhiri dengan penandatangan ikrar bersama mendukung suaka ikan untuk memulihkan fungsi ekologis Kali Surabaya.

Suaka Ikan Kali Surabaya itu, akan terus disosialisasikan pada semua warga Jawa Timur, khususnya mereka yang tinggal di sepanjang Kali Surabaya. “Dengan adanya sosialisasi itu, diharapkan, warga yang ada di bantaran Kali Surabaya, paham dengan upaya penyelamatan ekosistem di Kali Surabaya, sehingga mereka menghindari terjadinya perusakan di Kali Surabaya,” tegas Prigi.

Ditambahkan Prigi, dengan Suaka Ikan Kali Surabaya, warga di bantaran Kali Surabaya termasuk semua industri yang ada, tidak seenaknya membuang limbah dan sampah di Kali Surabaya yang jadi sumber air baku untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di beberapa kabupaten-kota yang dilintasi Kali Surabaya. (tas/ipg)

Teks Foto :
– Prigi Arisandi Direktur Ecoton waktu melepas bulus ke Kali Surabaya dalam Agenda Suaka Ikan Kali Surabaya, Jumat (30/5/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs