Jumat, 3 Mei 2024

Cara Merawat Kendaraan Pasca Berkendara di Lokasi Bencana

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Perawatan kendaraan khususnya sepeda motor pasca digunakan berkendara di lokasi bencana seperti erupsi Gunung Kelud dibutuhkan cara tersendiri.

“Debu yang banyak berpengaruh pada bagian-bagian penting sepeda motor. Filter saringan udara, system matic motor, cover filter, serta bagian lainnya harus dibersihkan total setelah digunakan berkendara di jalanan berpasir dan berdebu,” terang Ir. Purwanto General Manager Technical Service Division MPM Motor.

Membersihkan bagian rantai serta sprocket dari abu dengan chain lube juga sangat dianjurkan. Demikian juga dengan bagian cakram rem tidak boleh luput dari pembersihan karena bagian ini menjadi bagian penting saat digunakan berkendara.

Untuk suspensi, membersihkan dengan lebih berhati-hati sangat dianjurkan, oleh karena bagian ini sangat rentan dengan masuknya pasir atau debu tebal yang berdampak bocornya suspensi, sehingga mengurangi fungsi dan keawetan suspensi.

Ditegaskan Purwanto, untuk membersihkan bagian-bagian penting sepeda motor pasca penggunaan berkendara di kawasan berdebu tebal atau berpasir, yang terpenting jangan langsung membersihkan dengan cara mengelap bagian-bagian sepeda motor itu.

“Siram dulu dengan air bersih, supaya debu atau pasir turun. Setelah itu gunakan lap bersih, spon atau kain untuk melanjutkan bersih-bersih sepeda motor. Dan jangan lupa bahwa spare parts motor bisa berkurang kekuatannya setelah terkena debu tebal atau pasir,” pungkas Purwanto, pada suarasurabaya.net, Sabtu (15/2/2014).(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Jumat, 3 Mei 2024
Kurs