Selasa, 30 April 2024

Chandrika, Harimau Putih KBS Mati

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Kebun Binatang Surabaya (KBS) kembali kehilangan satu lagi koleksi satwa. Chandrika harimau putih benggala betina koleksi KBS yang berusia 17 tahun, Kamis (6/2/2014) sekitar pukul 20.22 WIB mati dalam perawatan.

Liang Kaspe dokter hewan KBS mengatakan kematian harimau tidak mendadak, tetapi satwa ini memang dalam keadaan sakit. Sudah ada perawatan yang dilakukan secara intensif beberapa bulan sebelumnya.

“Harimau ini mati saat dikarantina, satwa ini sudah tua, sudah lebih dari batas usia yang normalnya hanya mencapai 15 tahun,” kata Liang kepada wartawan, Jumat (7/2/2014).

Dia menambahkan, hasil sementara otopsi yang dilakukan, terjadi kerusakan lidah, banyak gigi yang tanggal, terdapat karang gigi dan radang paru-paru. “Kerusakan lidah karena gigitannya sendiri saat makan, sehingga lidah robek. Dari kondisi yang seperti itu satwa mengalami kesulitan makan, padahal nafsu makan hewan tersebut besar,” ujarnya.

Sebelum harimau mati, kata Liang Kaspe, sudah dilakukan upaya perawatan. Tetapi masih saja, macan mengalami kesulitan untuk makan. “Kami tidak bisa mencegah kerusakan pada lidah karena gigitan macan itu sendiri,” kata dia. (wak/rst)

Teks Foto:
– Harimau putih koleksi KBS yang masih tersisa.

Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs