Selasa, 30 April 2024

Chandrika Masuk Dalam 84 Satwa KBS Berusia Tua

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Chandrika, harimau putih betina koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang mati, Kamis (6/2/2014) malam, termasuk dalam satwa koleksi KBS yang tua, cacat dan sakit.

Hal ini disampaikan disampaikan Liang Kaspe dokter hewan KBS saat ditemui wartawan, Jumat (7/2/2014).

Dia mengatakan, KBS merupakan kebun binatang yang sudah lama berdiri, sehingga banyak koleksi satwanya yang masuk usia tua. “Kalau Chandrika termasuk satwa koleksi yang tua, cacat dan sakit di KBS,” kata Liang Kaspe.

Liang menambahkan, dalam 2-3 minggu lalu, harimau putih tersebut sempat dikarantina, untuk mendapatkan perawatan. Dua hari lalu kondisinya mulai membaik. “Kalau ada petugas yang datang macan tersebut mengaung untuk mempertahankan diri, namun sejak Kamis (6/2/2014) kondisinya kembali melemah, dan dilakukan penginfusan,” kata dia.

Chandrika, kata Liang, mempunyai riwayat penyakit pencernaan karena faktor usia yang sudah tua. Harimau ini kesulitan untuk makan karena sebagian gigi tanggal, banyaknya karang gigi serta lidah mengalami robek karena gigitannya sendiri.

“Riwayat sakitnya terjadi sudah sekitar tiga tahun terakhir. Pihak KBS juga sudah melakukan pengawasan ketat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kebun Binatang Surabaya (KBS) kembali kehilangan satu lagi koleksi satwa. Chandrika harimau putih benggala betina koleksi KBS yang berusia 17 tahun, Kamis (6/2/2014) sekitar pukul 20.22 WIB mati dalam perawatan. Sebelum mati, harimau putih ini telah menjalani perawatan di ruang karantina, karena mengalami gangguan pencernaan akibat susah makan. (wak/rst)

Teks Foto :
– Harimau Benggala Koleksi KBS lainnya

Foto : Dok Suarasurabaya.net.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs