Minggu, 26 Mei 2024

Cinta 3 Dimensi ala 3 Seniman Alumni STKW, Romantis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Trinical Sensibility sebagai perwujudan Cinta dalam 3 Dimensi, adalah tajuk pameran yang digelar oleh 3 orang seniman alumni STKW Surabaya di gallery House of Sampoerna hingga 11 Januari 2015 mendatang.

Adalah Mohammad Arifin `Londo`, Asmuliawan `Bogel` bersama Soviani Manao `Mochin` yang ketiganya memang alumni STKW Surabaya, yang kali ini memamerkan karya-karyanya dalam beberapa media seni rupa.

Pada karya berjudul Laurent, Bogel bercerita tentang bagaimana seorang perempuan mencintai dirinya dengan berusaha untuk selalu tampil menarik dan cantik. Karya-karya Bogel memperlihatkan bentuk dengan kontur halus dan sempurna walau dengan deformasi bentuk sebagai ciri khasnya.

Sementara Arifin `Londo` menuangkan imaginya dalam bentuk karya dengan gaya lebih keras dan kaku untuk menggambarkan emosi yang juga terkandung dalam sebuah hubungan percintaan seperti yang terlihat pada karya Berdua Saja yang menggambarkan romantisme sepasang kekasih.

Sedangkan karya Soviani Manao `Mochin` yang berjudul Special Moment mencoba mengembalikan memori indah akan masa lalu yang merupakan kenangan pribadi sang seniman sendiri.

Asmuliawan, yang akrab disapa Bogel, adalah seniman patung kelahiran Batu-Batu Sopeng, Sulawesi Selatan. Lulusan Seni Rupa STKW tahun 2007 ini pernah mengikuti beberapa pameran bersama seperti Biennale II dan IV, pameran Underdoc di Hanna Art Space, Bali, dan pameran New Age di Raos Gallery, Batu Malang.

Begitupula dengan Arifin Londo, pria kelahiran Surabaya ini juga telah beberapa kali berpameran tunggal maupun bersama baik di Surabaya, Lamongan, Malang dan Bali.

Sedangkan bagi perempuan kelahiran Nias, Soviani Manao Mochin, juga tidak kalah aktif dengan kedua teman kolaborasinya dalam mengisi pameran bersama baik di Surabaya, Batu, Malang hingga Padang.

“Melalui pameran ini, kami berharap dapat mengukur hasil karya yang telah dicapai kepada masyarakat guna mendapat kritik dan saran membangun untuk meraih pengetahuan tentang kesenian yang lebih baik,” ujar Asmuliawan Bogel pada suarasurabaya.net, Rabu (17/12/2014).(tok/rst)

Teks Foto :
– Laurent karya Asmuliawan Bogel.

Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
27o
Kurs