Selasa, 31 Maret 2020

Dahlan Iskan Mampir UKWM Temui Pembuat Super Kapasitor

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Tingginya harga BBM dan ketergantungan masyarakat Indonesia akan bahan bakar melatarbelakangi kunjungan Dahlan Iskan, Menteri BUMN, Jumat (14/2/2014) mendatangi Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya.

Beberapa tahun sebelumnya, Dahlan bertemu seorang ilmuwan luar negeri yang membahas tentang potensi energi alternatif pengganti BBM.

“Menurut saya, kunci bahan bakar alternatif ini adalah Super Kapasitor. Sebagai orang awam, saya kira itu akan dihasilkan oleh peneliti dari Teknik Elektro. Salah satunya saya mendengar tentang Pak Suryadi yang sering meneliti di bidang electrochemical / elektrokimia,” cerita Dahlan Iskan.

Suryadi Ismadji, adalah Dekan Fakultas Teknik WM yang pernah mendapat Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa dari 4 Kementerian pada tahun 2012 lalu.

“Penelitian kami adalah super kapasitor dengan elektroda dari bahan baku karbon aktif yang diambil dari kulit ketela pohon. Asalkan bisa diproduksi massal, ini akan menjadi alternatif energi yang mudah dan murah. Penyimpanan energi lebih cepat dan tahan lebih lama,” papar Suryadi.

Karbon aktif mampu menyimpan lebih banyak energi dengan ukuran yang lebih kecil, cocok untuk perkembangan perangkat elektronik berukuran kecil dan bahkan sangat kecil (teknologi nano).

Inovasi ini merupakan terobosan baru bahan penyusun elektroda kapasitor yang berasal dari bahan yang selama ini hanya menjadi sampah, yakni kulit ketela pohon.

Kandungan karbon yang tinggi memungkinkan kulit ketela pohon sebagai bahan dasar pembuatan EDLC (Electric Double Layer Capacitor), sebuah kapasitor super yang berukuran kecil namun dengan kapasitas penyimpanan besar.

“Singkong adalah produk lokal Indonesia yang tidak terpikir oleh banyak orang kalau limbahnya bisa berguna. Kulit singkong juga bisa dikembangkan untuk menjadi graphene yang kemampuannya menahan energi bisa 10 kali lipat lebih kuat dari elektroda karbon aktif,” ujar Suryadi yang tahun 2013 lalu menghasilkan 20 jurnal penelitian di bidang Teknik Kimia.

Graphene adalah selapis kristal-kristal karbon 2 dimensi yang tersusun teratur seperti sarang lebah dan saat ini diteliti secara besar-besaran di Amerika sebagai alternatif media penyimpanan energi.

Setelah mendengar garis besar penjelasan tersebut, Dahlan menyampaikan niatnya untuk mendukung sepenuhnya penelitian super kapasitor tersebut.

“Tinggal buat roadmap-nya, beserta prediksi kira-kira dalam berapa tahun penelitian ini bisa menghasilkan super kapasitor yang bagus. Lebih cepat lebih baik, karena kita ini negeri yang dijajah BBM. BBM sudah menjadi masalah seumur hidup yang setiap tahun bikin masalah baru kayak demo dan lain-lain. Ini adalah harapan bagi bangsa kita,” pungkas Dahlan Iskan, Jumat (14/2/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
-Dahlan Iskan Menteri BUMN saat di UKWM Surabaya.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
30o
Kurs