Minggu, 5 Mei 2024

Dalang Asep Sunandar Sunarya Meninggal Dunia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Ki Asep Sunandar Sunarya (58) Dalang kondang wayang golek khas Sunda meninggal dunia di Rumah Sakit Al Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (31/3/2014), sekitar pukul 14.00 WIB karena serangan jantung.

Dilaporkan Antara, menurut Jajang Rukmana asisten Asep di Bandung, Senin (31/3/2014) dalang kreatif dan komunikatif tersebut merasakan nyeri dada saat berada di rumahnya sehingga langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

“Beliau meninggal di rumah sakit dan menurut dokter akibat serangan jantung,” katanya.

Ia menimpali, “Abah Asep memang memiliki riwayat penyakit jantung dan rencananya keluarga akan membawa berobat ke Singapura pada 13 April 2014. Namun, Allah menentukan lain.”

Asep Sunandar Sunarya adalah maestro dalang wayang golek yang mampu membuat sosok wayang menjadi lebih atraktif dan komunikatif dengan penonton, misalnya membuat mainan helikopter yang dapat dinaiki tokoh cerita wayangnya.

Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 3 September 1955, dan rencananya akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Jelekong Baleendah, Kabupaten Bandung, pada Selasa pagi (1/4/2014). (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
27o
Kurs