Kamis, 9 April 2020

Dangdut Merambah Amerika

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Musik dangdut mulai merambah Amerika Serikat, menjejak Philadelphia, New York, Washington DC dan Wilmington bersama kontes “Dangdut in America 2014” yang digelar sejak Maret lalu.

Audisi kontes musik dangdut yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal RI New York, Kedutaan Besar RI Washington DC, NSR Entertaiment, TVRI dan Voice of America itu mulai dilakukan di Philadelphia pada 21 Maret.

Sebanyak 60 peserta dari empat negara bagian di Amerika Serikat mengikuti kontes yang untuk kedua kalinya digelar tersebut.

Juri yang terdiri atas Rissa Asnan, penyanyi dangdut Ani Hartini (bekas anggota grup Ken Dedes), penyanyi soprano Amerika Catherine Short Arce dan penyanyi R&B Sania menentukan pemenang kontes dalam pertunjukan final di Sigma Sound Studio, Philadelphia, Minggu (13/4/2014) malam seperti dilaporkan Antara.

Penyanyi John Shanklin (27), yang pada Minggu (13/4/2014) malam menyanyikan lagu “Zakia” dari Achmad Albar keluar sebagai juara kontes dangdut itu. Sebagai pemenang pertama, dia mendapat hadiah tiket ke Indonesia dan tampil di televisi Indonesia.

John Shanklin mengaku tidak tahu banyak tentang Indonesia tetapi dengan senang hati ingin belajar. Setelah meraih memenangi kontes dangdut, dia ingin terjun ke dunia musik secara profesional serta mengunjungi berbagai kota di Indonesia.

Usai acara Ketua Panitia Penyelenggara Kontes Rissa Asnan dari NSR Entertainment mengatakan kompetisi dangdut yang digelar di kota New York, Washington DC dan Wilmington, Delaware tersebut diharapkan bisa meningkatkan apresiasi terhadap musik dangdut.

Selain itu, menurut Heru H Subolo pejabat KBRI Washington DC, musik dangdut bisa menjadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia dan meningkatkan kontak penduduk kedua negara.

Sementara Sania penyanyi R&B Indonesia mengatakan penyelenggaraan kontes dangdut semacam itu bisa memudahkan penyanyi dangdut Indonesia yang ingin tampil di Amerika dan sebaliknya.

Ia juga bangga melihat antusiasme peserta kontes dangdut tersebut. “Luar biasa antusias, peserta cukup besar,” ujar Sania, yang merilis album berjudul Santai tahun 1998. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Tol arah Ngawi KM 669

PJU roboh di Flyover Waru

Kecelakaan di bawah Layang Waru

Banjir di Blega, Bangkalan

Surabaya
Kamis, 9 April 2020
26o
Kurs