Sabtu, 18 Mei 2024

Demi UN, Tiap Hari Jalani Try Out

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Hampir sama dengan beragam sekolah lainnya, SMA Takmiriyah Surabaya sejak awal Januari 2014 juga telah mengelar beragam try out bagi siswa kelas XII yang ada di sekolah itu.

Sucipto, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan pada suarasurabaya.net, mengatakan try out dilakukan dengan tiga model. Pertama dilakukan secara lokal oleh guru masing-masing. “Soal yang diberikan merupakan soal campuran Ujian Nasional tahun lalu,” kata Sucipto.

Try out lokal ini, kata Sucipto, dilakukan di dalam kelas yang lantas dibahas secara bersamaan. Try out lokal biasanya digelar seminggu sekali untuk masing-masing mata pelajaran.

Selain try out lokal, para murid kelas XII SMA Takmiriyah juga diminta mencoba try out online yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

“Kami juga akan menggandeng LBB (lembaga bimbingan belajar),” kata Sucipto. Tryout bersama LBB, kata dia, akan dilakukan dua kali menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

Menurut Sucipto, dalam minggu ini try out lokal terpaksa dihentikan karena siswa kelas 12 sedang menjalani ujian sekolah hingga tanggal 13 mendatang.

Sementara itu Jonny Sucahyono, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 2 Surabaya mengatakan, try out di sekolahnya telah digelar sejak Januari 2014. Bahkan di SMAN 2, try out digelar setiap hari satu mata pelajaran UN.

“Try out kami lakukan dengan cara mirip ujian sesungguhnya. Termasuk penggunaan peralatan tulisnya,” kata Jonny Sucahyono. Karena dilakukan setiap hari, maka selama satu minggu enam mata pelajaran UN selesai dilakukan try out, bahkan khusus hari Jumat try out dilakukan untuk dua mata pelajaran.

Selain itu, sejak tahun 2013, SMAN 2 juga telah memiliki try out online versi mereka sendiri. Try out online ini merupakan hasil kerjasama antara SMAN 2 Surabaya dengan SMAN 3 Bandung. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Siswa SMA di Surabaya saat mengikuti try out.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
26o
Kurs