Jumat, 3 Mei 2024

Destinasi Wisata Favorit di Jatim

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan
Panorama Pulau Merah. Pantai berpasir putih di selatan Banyuwangi ini jadi destinasi populer bagi kalangan turis asing melakukan surfing.(Foto : Eddy suarasurabaya.net)

Ada sejumlah destinasi wisata yang menjadi favorit di Jawa Timur, berikut di antaranya:

1. Gunung Bromo.
Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berlokasi di 4 wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Kegiatan yang paling diminati di Gunung Bromo adalah melihat matahari terbit, mendaki gunung, berkuda, dan berjalan melewati padang pasir Gunung Bromo.

2. Jawa Timur Park (Jatim Park)
Jatim Park yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur, merupakan sebuah taman rekreasi dan belajar yang sangat besar dan lengkap. Terletak sekitar 20 KM dari kota Malang, Jatim Park memiliki lebih dari 36 wahana permainan yang berbeda dan telah menjadi ikon wisata Jawa Timur. Jatim Park juga pernah mendapatkan penghargaan juara pertama wisata buatan nasional oleh menteri pariwisata.

3. Pantai Balekambang
Pantai Balekambang adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan pantai, dan pura yang berada di atas sebuah pulau karang di pinggir Pantai Balekambang. Pantai Balekambang berlokasi hanya sekitar 45 KM di selatan kota Malang.

4. Telaga Sarangan
Telaga Sarangan adalah sebuah danau alami yang berlokasi di kaki Gunung Lawu.

5. Pantai Pasir Putih Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang paling populer. Berlokasi di Kabupaten Situbondo, perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Situbondo akan memakan waktu sekitar 4 jam dari kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal dengan pasir putihnya yang indah, dan hamparan hutan yang berada di tepi pantai.

6. Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian Air Panas Cangar berlokasi sekitar 20 KM dari kota Batu. Fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Cangar tidaklah mewah, melainkan sederhana namun dapat memenuhi kebutuhan kita dalam menikmati air panas yang berasal dari perut bumi ini. Pemandian Air Panas Cangar mempunyai beberapa jenis kolam yang berbeda, yaitu kolam besar, kolam kecil, kolam tertutup khusus wanita, dan kolam dalam kamar. Bagi pecinta wisata kuliner, jangan lupa mencoba makanan khas daerah ini, yaitu tape beras ketan hitam.

7. Goa Maharani Lamongan
Goa Maharani Lamongan yang berlokasi di Kecamatan Paciran adalah sebuah goa berukuran sekitar 2,500 meter persegi yang pertama kali ditemukan oleh penggali tanah. Goa Maharani Lamongan menawarkan wisata keindahan bawah tanah yang dipenuhi oleh stalaktit, stalakmit, dan batu-batuan unik.

8. Pulau Merah atau Pulo Merah
Sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Ombak di kawasan Pulo Merah cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga selancar (surfing). Menurut penuturan warga setempat, turis-turis asal Prancis, Jerman, dan Australia sering berkunjung ke tempat ini.(news/nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs