Jumat, 3 Mei 2024

Diduga Karena Korsleting, Rumah di Simorejo Sari Terbakar

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Petugas PMK saat pembasahan di lokasi kebakaran. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Sebuah rumah di kawasan Simorejo Sari A Gg VI, Surabaya, Jumat (29/8/2014) sekitar pukul 13.10 WIB terbakar. Diduga kebakaran yang terjadi disebabkan korsleting listrik di kamar lantai dua rumah milik Darsono (56).

Informasi yang berhasil dihimpun, saat kebakaran terjadi di rumah nomor 115 Simorejo Sari A RT 01/06, kamar dalam keadaan tak berpenghuni dan tidak ada aktivitas apapun. Pemilik rumah, berada di lantai satu, sementara pemilik kamar Fika (31) anak Darsono sedang berada diluar rumah.

Solikhin Ketua RT setempat mengatakan, api dan asap tebal muncul dari kamar lantai dua. Warga yang melihat kejadian tersebut, langsung menyelamatkan penghuni rumah yang saat itu berada di lantai satu, dan melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

“Warga sudah berusaha melakukan pemadaman, tapi karena api terlalu besar, warga tidak mampu mengatasi. Dan lebih memilih untuk menyirami bagian kanan dan kiri rumah itu biar api tidak merambat,” kata Sholikhin kepada suarasurabaya.net, Jumat (29/8/2014).

Dia menambahkan, saat terjadi kebakaran, ada tiga orang di dalam rumah, semuanya selamat. “Dua orang dewasa, satu bayi. Semuanya selamat, tapi kamar di lantai dua ludes terbakar,” ujarnya.

Sementara itu, Fika mengatakan, di dalam kamar yang terbakar banyak dokumen-dokumen penting, dan peralatan elektronik. “Semuanya terbakar. Ada ijazah, sertifikat rumah, dan barang-barang elektronik,” kata Fika.

Terpisah, Candra Oeratmangun Kepala Dinas Kebakaran Pemkot Surabaya mengatakan, petugas sedikit mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi kebakaran. Hal ini disebabkan jalan yang sempit, sehingga mobil PMK tidak bisa mendekat ke lokasi kebakaran.

“Gang-gang sempit cukup menyulitkan mobil PMK untuk masuk. Namun petugas langsung menarik selang untuk menjangkau rumah yang terbakar,” kata Candra.

Pihaknya menerjunkan lima unit mobil PMK untuk memadamkan api. Candra juga mengatakan, kerja keras warga untuk melakukan pemadaman sebelum PMK datang, patut diapresiasi. Warga dengan alat seadanya melakukan pemadaman, sehingga saat petugas PMK datang api sudah tidak terlalu besar.

“Upaya warga untuk melakukan pemadaman sangat luar biasa. Petugas tinggal melanjutkan pemadaman, dan pembasahan agar api tidak kembali membesar,” pungkasnya. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Petugas PMK melakukan pembasahan di lokasi kebakaran.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs