Kamis, 28 Maret 2024

Dinsosnaker Terjunkan Tagana di Lokasi Banjir

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Sidoarjo sudah meluncurkan 1 regu dari Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) di lokasi banjir.

Dari pemantauan Dinsosnakers, informasi banjir yang masuk, di antaranya di belakang Maspion 1, kawasan Bungurasih, Perumahan Permata Gedangan, Maspion, Sedati dan sekitarnya.

Husni Thamrin, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Sidoarjo kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (18/6/2014) mengatakan, di daerah Sawotratap, Dinsosnaker sudah meluncurkan 1 regu dari Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan dibawah komandannya, Sri Wahyuni.

Dalam 1 regu Tim Tagana ada 15 orang personel, yang nantinya mereka akan mengevakuasi para korban bencana dengan truk. Dinsosnaker akan melihat dulu realita di lapangan, jika diperlukan dapur umum maka akan dibuatkan dapur umum di tenda-tenda pada titik lokasi yang aman. Terkait pemberian sembako pun juga demikian. Semua dilakukan sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Peng-cover-an sendiri, dilakukan tergantung situasi yang ada. Genangan air diperkirakan karena volume hujan yang terlalu deras disamping itu juga drainase yang perlu diperbaiki. Dicontohkan, di daerah Gedangan di pinggir jalan, drainasenya di bawah trotoar itu memang perlu diperbaiki lagi.

Saat ini belum ada informasi pasang air laut yang tinggi walaupun Selasa malam (17/06/2014) hujan sangat lebat yang disertai angin kencang.

Jika diperlukan penambahan Tim Tagana ke lokasi akan dikirimkan Dinsosnaker. Sebenarnya, tanggap darurat penangan bencana adalah tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) termasuk perahu karet dan lain sebagainya. Namun, karena alasan demi kemanusiaan Dinsosnaker langsung merespon peristiwa tersebut dan segera mempersiapkan untuk peluncuran ke lokasi banjir. (nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs