Jumat, 17 Mei 2024

Dokter Jaga 24 Jam Siap Tangani Gangguan Satwa Kesayangan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dokter jaga siap 24 jam. Foto: ilustrasi

Tak ingin membuat pemilik satwa cemas, sekaligus ingin tetap memberikan kenyamanan bagi satwa yang dititipkan, dokter jaga disiapkan 24 jam untuk memberikan layanan jika satwa mengalami gangguan.

“Ditempat kami, ada dokter yang langsung siap jika dibutuhkan. Setiap waktu. Karena ditempat kami satwa diawasi secara penuh. Termasuk mendapat pemeriksaan kesehatan secara langsung dari dokter hewan yang bertugas,” terang drh. Liang Kaspe direktur RSH Setail, Surabaya.

Liang menambahkan, kepada pemilik satwa memang diinformasikan bahwa kesehatan satwa yang dititipkan adalah prioritas. “Sehingga, jika ada satwa yang mengalami gangguan kesehatan harus langsung ditangani,” tambah Liang.

Satwa, kata Liang, jika dipisahkan dari pemiliknya atau menempati sebuah lingkungan baru juga membutuhkan adaptasi. Dan adaptasi itu dapat dilakukan dengan bermacam-macam cara, yang jika keliru berdampak pada gangguan kesehatan satwa itu sendiri.

Oleh karena itu, lanjut Liang, pemilik satwa yang dititipkan di Rumah Sakit Hewan (RSH) Setail Jl. Setail Surabaya, harus dan wajib menyertakan nomor telepon yang paling mudah dihubungi terkait dengan informasi kesehatan satwa yang dititipkan.

“Bahkan ada satwa yang memang sangat dekat dengan pemiliknya, saat dititipkan akan mengalami gangguan makan. Atau gelisah karena tidak melihat atau mendengar suara orang-orang yang biasa ada didekatnya. Kami punya cara untuk itu,” terang Liang.

Dengan nomor kontak yang dimiliki, Liang meminta pemilik satwa menelepon. Kemudian Liang akan mendekatkan suara pemilik satwa ketelinga Anjing yang dititipkan itu. “Ternyata sangat efektif, dan sejurus kemudian si Anjing setelah dengar suara majikannya jadi tenang,” kata Liang.

Untuk itu, selain mensiagakan dokter hewan24 jam, ada trik-trik tertentu yang juga diterapkan drh. Liang Kaspe bersama timnya untuk memberikan rasa nyaman bagi satwa yang dititipkan sekaligus rasa tenang bagi pemilik satwa.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs