Senin, 17 Juni 2024
Urine Mengandung Bahan Narkoba

Dua Oknum Polisi Masih Diperiksa Intensif

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Pihak Profesi dan Pengamanan (Propam) Polrestabes Surabaya hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan secara intensif, terhadap dua oknum anggota Polrestabes. Hal ini terkait ditemukannya kandungan narkoba saat dilakukan tes urine terhadap anggota di Mapolrestabes Surabaya, Senin (15/9/2014).

Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium yang dilakukan oleh pihak dokter, dan pemeriksaan yang dilakukan Propam. Pemeriksaan terhadap dua oknum dilakukan secara intensif, untuk mengetahui kebenaran keterangan anggota tersebut. Sehingga akan diperoleh fakta-fakta, yang dijadikan penunjang dalam pelaksanaan persidangan kode etik.

“Pemeriksaan terhada dua oknum anggota, masih terus dilakukan secara intensif oleh Propam. Namun dalam pemeriksaan, Propam tidak sendiri, tetapi didampingi dokter kesehatan Polrestabes Surabaya,” kata Kombes Pol Setija Junianta kepada wartawan, Minggu (21/9/2014).

Dia menambahkan, selain itu pemeriksaan ini juga untuk mengambil langkah-langkah, apa yang akan dilakukan untuk menindak lanjuti hasil tes urine yang dilakukan. Jika dalam pemeriksaan yang bersangkutan mengakui bahwa dirinya benar-benar mengkonsumsi, maka tidak perlu lagi dilakukan tes darah. Namun, apabila mereka mengelak bahwa tidak mengkonsumsi, maka tes darah akan dilakukan.

“Pemeriksaan intensif ini, guna mengetahui oknum anggota telah mengkonsumsi narkoba atau tidak. Selain itu, juga untuk mensgambil langkah apakah perlu dilakukan tes darah atau tidak,” ujarnya.

Jika dilakukan tes darah, kata Setija, hasilnya tidak mungkin bohong. Karena dalam tes darah akan diketahui apakah oknum tersebut benar-benar mengkonsumsi narkoba, atau mengkonsumsi obat lainnya.

“Satu diantara oknum ada yang mengatakan minum obat batuk pada malam harinya, sebelum dilakukan tes urine pada pagi harinya. Kalau sudah tes darah, maka kedua oknum ini tidak akan bisa bohong lagi,” kata dia.

Sekadar diketahui, saat tes urine dilakukan, dua oknum anggota dijajaran Polrestabes positif terdapat kandungan Narkoba. Dua oknum tersebut berpangkat Bintara. Hasil tes urine satu oknum mengandung zat metaphetamin dan satu oknum lainnya mengandung Amphetamin dan Metaphetamin. (wak)

Teks Foto:
– Anggota Polrestabes Surabaya menjalani tes urine yang digelar secara mendadak.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs