Sabtu, 18 Mei 2024

Fanatik, Nonton Bola Bisa Ganggu Emosi

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Menurut Psikolog, begadang yang kerap dilakukan oleh para pecinta bola saat pertandingan bola berlangsung tidak hanya membuat fisik yang lelah namun juga mental, atau kondisi emosi tiap individu.

Mohamad Safik, Dosen Psikologi Unesa mengatakan gangguan emosi yang dialami penggila bola tersebut bermacam-macam variasinya dan tergantung psikologi tiap orang. Misalnya saja saat tim yang difavoritkan mengalami kekalahan bisa membuat sedih, tidak mood bekerja hingga ada yang bersikap tempramen.

“Semakin fanatik seorang fans pada tim idolanya, maka akan semakin dalam emosi yang ia libatkan saat menonton bola. Jika itu berupa hal positif mungkin tidak menjadi masalah, namun jika itu hal negatif seperti kekalahan, bisa menjadi gangguan di kehidupan sosialnya seperti lingkungan keluarga dan kerja,” paparnya, Sabtu, (21/6/2014).

Oleh karena itu agar bisa menjaga emosi, Safik menambahkan, masyarakat perlu menjaga kesehatan fisik terlebih dahulu. Jangan sampai kelelahan dan sempatkanlah waktu istirahat sebelum begadang. Selain itu, masyarakat juga perlu berpikir dewasa dan rasional, bahwa bola adalahs ebuah permainan, menang dan kalah itu sudah pasti ada dan biasa terjadi.

Menonton bola bisa menjadi nyaman dan tidak terganggu baik fisik maupun mental asal tiap-tiap individu yang bersangkutan pandai mengontrolnya. (ain)

Teks Foto:
– Ilustrasi ekspresi nonton bola
Foto: Suara Pengusaha

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs