Kamis, 16 Mei 2024
Hari ke-3 Pencarian Korban Longsor

Fokus Cari Potongan Tubuh Korban

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pencarian korban longsor di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang kembali dilanjutkan, Kamis (30/1/2014). Sama seperti hari sebelumnya, pencarian kali ini dilakukan dengan dua alat berat yang dibantu ratusan personel dari Basarnas, BPBD, serta TNI dan Polri.

“Pencarian sudah kita mulai sejak pukul 06.00 WIP pagi tadi,” kata Sumpeno Yuwono, Kepala Kantor SAR Kelas A Surabaya pada suarasurabaya.net. Pencarian pagi ini, kata Sumpeno, fokus pada titik penemuan potongan paha korban yang berhasil diangkat dari dasar longsoran pada hari Rabu (29/1/2014) sore kemarin.

Pada pencarian kemarin, Tim SAR memang berhasil mengangkat paha korban dari dasar tanah. Penemuan paha ini terjadi sekitar pukul 17.00. Kondisi medan yang penuh batu dan tanah liat, sempat menjadikan tim sar sulit melakukan pengangkatan. Bahkan untuk mengangkat sepotong paha memerlukan waktu lebih dari satu jam.

“Setelah kami angkat (potongan paha), kemarin pencarian kami hentikan tepat pukul 19.00 WIB karena hari memang cukup gelap,” ujarnya.

Sumpeno mengatakan, sebelum diangkat, Tim SAR sebenarnya berusaha menggali di sekitar potongan paha itu, namun belum ditemukan potongan tubuh lainnya. “Mungkin tertekan atau tertindih batu atau potongan kayu sehingga terpotong. Di posisi itu kemarin hanya menemukan potongan itu (paha),” kata dia.

Untuk pencarian kali ini, fokus utama Tim SAR, kata Sumpeno, dilakukan di sekitar titik ditemukannya potongan paha korban.

Sekadar diketahui, dari 14 korban yang diperkirakan tertimbun longsor, hingga saat ini baru tujuh korban dan sepotong paha yang berhasil ditemukan. Longsor di Dusun Kopen sendiri terjadi pada Selasa (28/1/2014) pukul 01.30 WIB dini hari.(fik/ipg)

Teks Foto :
– Pencarian korban longsor di Dusun Kopen, Jombang.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs