Jumat, 14 Juni 2024

Fokus Kesehatan Satwa KBS, RSH Setail Tolak Penitipan Satwa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rumah Sakit Hewan (RSH) KBS Jl. Setail Surabaya yang dulunya saat masih menerima penitipan satwa. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Dengan alasan ingin fokus dan berkonsentrasi terhadap kondisi kesehatan satwa koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS), rumah sakit hewan (RSH) Setail yang berada di bawah manajemen PDTS-KBS, tidak lagi melayani masyarakat yang akan menitipkan satwa peliharaannya.

“Kami ingin lebih fokus dan berkonsentrasi dengan kondisi kesehatan satwa-satwa koleksi KBS sendiri. Ini saja butuh konsentrasi, fokus serta kerja yang tidak enteng. Dan dengan demikian kami tidak lagi melayani jasa penitipan satwa peliharaan,” terang Aschta Nita Boestani Tajudin Direktur Operasional dan Umum Kebun Binatang Surabaya.

Per 1 Desember 2014 lalu, lanjut Sita, pihak RSH Setail memutuskan untuk tidak lagi melayani penitipan satwa peliharaan dari masyarakat, seperti yang sudah dilakukan dan berjalan pada tahun-tahun sebelumnya. Selain karena minimnya fasilitas, seluruh staf di RSH Setail diminta untuk konsentrasi menangani satwa-satwa koleksi KBS.

“Dari hasil evaluasi kami, fasilitas yang ada di RSH Setail tidak memadai untuk digunakan sebagai tempat penitipan satwa peliharaan masyarakat. Harus dihentikan. Termasuk dengan staf pelaksana di RSH, nantinya kami akan konsentrasikan merawat satwa koleksi KBS,” pungkas Sita pada suarasurabaya.net, Rabu (24/12/2014).

Sementara itu, Liliana warga Prapen, Surabaya, saat ditemui suarasurabaya.net, Rabu (24/12/2014) di depan RSH Setail mengaku baru tahu jika layanan penitipan satwa sudah tidak ada lagi di RSH Setail.

“Biasanya titip anjing. Soalnya kami sekeluarga Natalan di luar negeri. Baru tahu kalau tidak ada lagi penitipan satwa di sini,” ujar Liliana.(tok/ipg)

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
28o
Kurs