Rabu, 30 September 2020

Gandeng Telkom Prajurit Marinir Pahami Hemat Energi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Puluhan prajurit Marinir wilayah timur, Jumat (11/4/2014) mengakhiri pelatihan hemat energi yang didukung sepenuhnya oleh PT Telkom Indonesia, sebagai satu diantara upaya menghemat ketersediaan energi.

Beberapa pelatihan yang dilakukan diantaranya adalah pembuatan listrik mandiri rakyat, kompor Marinir rakyat, dan Motor Gas Marinir (MGM) yang seluruhnya sangat menghemat energi.

Letkol Marinir Iwan Hermawan A.H Danmenbanpur-1 Marinir mewakili Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso, menyampaikan dari pelatihan ini diharapkan segenap prajurit memahami arti penting hemat energi.

“Hemat energi bukan sekedar kata-kata biasa. Tetapi ini menjadi peting, dan merupakan bagian dari pembicaraan universal, sehingga makna dan artinya harus kita pahami bersama. Ini sangat penting,” ujar Letkol Marinir Iwan Hermawan AH.

Sebelum penutupan pelatihan dilaksanakan, dihadapan tamu undangan diantaranya Aspers Dankormar Kolonel Marinir Purnomo yang didampingi Ardi Purwanto selaku Vice President Business And Suport Area Jawa Bali, ditampilkan demonstrasi peralatan hemat energi karya para prajurit Marinir.

Sebuah sepeda motor roda dua, yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa pada bagian mesinnya, dengan menggunakan bahan bakar gas, juga didemonstrasikan di hadapan para undangan.

“Manfaat energi bagi kehidupan manusia sangat besar, bahkan sulit digambarkan. Energi adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri dan tanpa adanya energi maka kehidupan manusia tidak dapat berjalan. Dan oleh karna itu pelatihan ini penting artinya,” tukas Letkol Marinir Iwan Hermawan AH, Jumat (11/4/2014).(tok)

Foto: Pen Pasmar-1

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Rabu, 30 September 2020
26o
Kurs