Senin, 29 April 2024

Gempa 6,5 SR di Yogyakarta Terasa di Beberapa Wilayah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya, Sabtu (25/1/2014) pukul 12.14.20 wib.

Informasi yang diterima suarasurabaya.net dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di 104 kilometer barat daya Kebumen, Jawa Tengah, dengan kedalaman pusat gempa 48 kilometer.

Gempa tersebut, seperti dilansir Antara, mengejutkan warga Yogyakarta, sehingga banyak yang keluar rumah, khawatir terjadi sesuatu akibat gempa tersebut. Guncangan gempa selama hampir setengah menit itu, bahkan terasa di Kabupaten Magelang dan Kebumen (Jawa Tengah).

Sementara itu, dilaporkan sejumlah pendengar radio Suara Surabaya, di antaranya Prabowo yang sedang berada di Jogyakarta, gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter itu membuat panik warga masyarakat di sekitaran Jl. Menteri Supeno, Yogyakarta.

“Saya kebetulan berada di dalam toko, dan langsung berlarian keluar dari dalam toko bersama dengan karyawan. Beberapa karyawan toko lainnya di sebelah saya juga berhamburan keluar ke jalan,” papar Prabowo.

Sementara itu, SSnetters yang bergabung di e100 dan @e100ss, sejumlah warga masyarakat di beberapa kota diluar Yogyakarta, Sabtu (25/1/2014) mengaku merasakan gempa di wilayah masing-masing di antaranya di Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Malang, Kediri, Surabaya, sebagian Jawa Barat seperti Sukabumi juga merasakan gempa tersebut.(tok/ipg)

Foto: BMKG

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs