Senin, 29 April 2024

Gitar John Lennon Dilelang Rp12 Miliar

Laporan oleh Triono
Bagikan

Sebuah gitar Gretsch yang pernah dimainkan John Lennon untuk rekaman lagu hit The Beatles “Paperback Writer” yang kemudian dihadiahkan kepada seorang saudara sepupu Lennon, akan dilelang pada harga mulai 1 juta dolar AS (Rp12,19 miliar) dalam sebuah kegiatan lelang di Inggris pekan ini.

Rumah lelang TracksAuction.com mengatakan, instrumen Gretsch 6120 itu adalah salah satu dari gitar-gitar paling penting Lennon yang dilelang dalam 30 tahun terakhir.

“Gitar ini didatangkan langsung dari sepupu John Lennon yang diberi gitar ini oleh John Lennon pada 1967 dan sejak itu dia menjadi kolektor memorabilia The Beatles,” kata rumah lelang itu seperti yang dikutip dikutip Reuters.

Lennon memberikan gitar ini kepada David Birch sepupunya setahun setelah single hit yang diproduksi di studio Abbey Road di London itu.

Birch, yang tumbuh besar bersama Lennon di Liverpool, mengungkapkan dia menerima instrumen itu setelah dia bertanya pada kakak sepupunya itu.

“Saya waktu itu agak kurang ajar meminta dia sebuah gitar dan dia memberi saya Gretsch dan tentu saja saya sangat senang. Kedengarannya agak kurang ajar tapi waktu itu tidak kurang ajar,” kata Birch.

Setelah meninggalkan gudang Gretsch di New York, gitar ini hanya terdaftar dimiliki dua orang, yakni Lennon dan Birch.

Lelang memorabilia rock dan pop pekan ini juga termasuk satu salinan “Sergeant Pepper’s Lonely Hearts Club Band” yang ditanda tangani empat personel Beatles dengan tinta merah.

Seperti dilansir Antara, Senin (10/11/2014), lelang itu mulai dibuka Jumat pekan ini.(ant/ono/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs