Senin, 29 April 2024

Grahadi Akan Direnovasi Untuk Ruang Pamer

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Pemprov Jawa Timur akan merenovasi Gedung Negara Grahadi, untuk dibuat ruang pamer.

Rencananya bagian selasar depan sisi kiri dan kanan akan dibongkar interiornya dan dikembalikan seperti bangunan awal, khusus akan dibuat ruang pamer. “Di sisi kiri dan kanan Grahadi, akan dibangun ruang pamer untuk mempromosikan pariwisata Jawa Timur,” ujar Gentur Prihantono Kadis PU Cipta Karya dan Tata Ruang Pemprov Jawa Timur, Rabu (16/4/2014).

Menurut Gentur, sebelum dilakukan renovasi, Pemprov Jawa Timur sedang mendesign interior bangunan yang akan dibongkar, agar tidak menyalahi fungsi dan keberadaan Grahadi sebagai bangunan cagar budaya. “Yang akan dibongkar bangunan yang dibangun ditahun 80-an, khususnya di bagian depan Grahadi, seperti ruang wartawan yang ada di sisi Barat,” jelas Gentur.

Ditambahkan Gentur, bangunan itu perlu dibongkar, karena waktu pembangunannya tidak dikonsultasikan dengan tim cagar budaya, karena waktu itu belum ada dan terbentuk.

Untuk merenovasi Grahadi, Pemprov Jawa Timur akan menyiapkan anggaran Rp 5 miliar dan diharapkan dalam tahun ini, renovasi sudah bisa dilakukan. “Khusus bangunan yang dibongkar, seperti ruang wartawan akan dibangun lagi di belakang Grahadi,” jelas Gentur.

Selain akan merenovasi Grahadi, Pemprov Jawa Timur juga akan merenovasi interior gedung lantai 8 Kantor Pemprov Jawa Timur agar kondisinya lebih representatif.

Sementara secara bersamaan Pemprov Jawa Timur juga akan membangun dan merenovasi beberapa rumah dinas yang kondisinya sudah rusak da perlu segera direnovasi atau dibangun ulang. (tas/rst)  

Teks Foto :
– Gentur Prihantono Kadis PU Cipta Karya dan Tata Ruang Pemprov Jawa Timur.Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs