Senin, 6 Mei 2024

Gubernur Sebut 6 Daerah Jatim Rawan Longsor

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Soekarwo Gubernur Jawa Timur dalam kunjungannya di daerah bencana longsor Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang menyebut ada 6 daerah yang perlu diwaspadai karena rawan longsor. Daerah-daerah itu adalah Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Tulungagung, Lumajang, dan Malang.

Daerah-daerah itu, kata Gubernur, punya kontur tanah yang berair dan hutan yang gundul. Ketika terjadi hujan dengan intensitas lebat, kontur tanah yang berbukit di kawasan itu cenderung tidak mampu menahannya sehingga potensi longsor sangat besar terjadi.

Selain enam daerah itu, Gubernur juga menyebut kawasan pegunungan di Jawa Timur bagian Utara punya potensi yang cukup besar terjadi longsor.

Di daerah-daerah itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur sudah melakukan sosialisasi. Warga diminta waspada jika terbaca gejala-gejala longsor.

Langkah berikutnya jika memang kondisi sudah sangat berbahaya, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten mendorong warga sekitar untuk direlokasi. Soal relokasi ini diakui Gubernur, tidak mudah. “Ada faktor-faktor kultural yang menyebabkan warga sulit direlokasi. Misalnya, karena makam leluhur mereka ada di sana,” kata dia. (edy)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs