Minggu, 28 April 2024

Harapan Presiden di Hadapan Pengungsi Kelud

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Susilo Bambang Yudhoyono Presiden berharap pengungsi Gunung Kelud tetap bersabar dan bertahan di pengungsian hingga status Kelud benar-benar aman. Pernyataan Presiden ini disampaikan ketika mengunjungi lokasi pengungsian di Gedung Balai Pamitran, Gereja Kristen Jawi Wetan, Desa Segaran, Kecamatan Wates, Kediri, Senin (17/2/2014).

“Kalau belum aman sabar dahulu di tempat seperti ini (pengungsian) jangan sampai kembali ke tempat, tiba-tiba ada bahaya baru. Kami tidak ingin, kemarin di Sumut Sinabung belum aman nekat nerobos akhirnya tidak bisa diselamatkan,” kata Presiden di hadapan 520 pengungsi yang memadati gedung Pamitran.

Mengenakan kacamata hitam, Presiden datang didampingi Ani Yudhoyono, Ibu Negara; Agung Laksono, Menkokesra; M Nuh Menteri Pendidikan; Roy Suryo, Menpora; Sudi Silalahi, Mensesneg; Jenderal Pol Sutarman, Kapolri; Soekarwo, Gubernur Jawa Timur; serta beberapa pejabat lainnya.

Sebelum mengunjungi Desa Segaran, Presiden bersama rombongan juga sempat mengunjungi Masjid An-Nur yang ada di Pare. Setelah itu Presiden ke posko Basarnas yang berada di Lapangan Wates untuk mendapatkan paparan terkait kondisi terkini Gunung Kelud.

Usai menerima paparan inilah, Presiden lantas mengunjungi pengungsi di Gedung Pamitran. Presiden sendiri tiba di lokasi pengungsian sekitar pukul 16.00 sore, padahal ratusan pengungsi sudah menunggunya sejak pukul 07.00 pagi.

“Hari ini, saya Ibu Ani atau Ibu Negara, Para Menteri, Pak Gubernur dan semua pejabat yang bersama saya datang ke tempat ini untuk melihat langsung keadaan di Kediri, Blitar dan Malang serta tempat lain akibat letusan Gunung Kelud empat hari lalu,” kata dia.

Menurut Presiden, dirinya sengaja datang untuk melihat secara langsung Tanggap Darurat yang dilaksanakan pemerintah bersama BNPB berjalan dengan baik. Pantauan SBY, meskipun ada beberapa kekurangan, tapi masih dinilai dalam batas kewajaran.

Sementara itu, di pengungsian sendiri Presiden disambut antusias. Bahkan ratusan pengungsi juga berebut berjabat tangan. Usai dari Kediri, rombongan langsung ke Blitar dan Malang untuk meninjau pengungsian di kawasan itu. (fik/ipg)

Teks Foto :
-Presiden dan Ibu Negara di antara para pengungsi Kelud di Wates, Kediri.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs