Jumat, 3 Mei 2024

Hasil Riset, Mainan Anak Dari Plastik Sarat Racun Berbahaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Sejumlah penelitian yang secara khusus memilih mainan anak-anak berbahan plastik sebagai sample, ditengarai adanya kandungan zat racun berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Secara langsung, zat racun berbahaya yang dikandung dalam mainan anak-anak tersebut memang tidak langsung memberikan dampak pada tubuh manusia. Tapi dalam jangka panjang akan membahayakan tubuh manusia.

“Tapi dalam jangka waktu tertentu, zat-zat racun berbahaya yang terekspos tubuh manusia akan berdampak,” terang Felicia Dosen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Berdasarkan penelitian, lanjut Felicia, mainan anak-anak terbuat dari plastik mengandung bahan PVC dengan kandungan phthalate yang berbahaya bagi tubuh manusia.

“Kandungan phthalate itu biasanya ada pada mainan yang dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai keinginan. Karena phthalate itu satu diantara fungsinya membuat mainan jadi lentur, mudah dibentuk,” terang Felicia.

Tetapi, phthalate dalam jangka panjang, sambung Felicia memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia. “Untuk ekspos atau penggunaan dalam jangka panjang unsur kimia itu mengganggu kesehatan manusia,” kata Felicia.

Demikian juga dengan zat pewarna yang digunakan untuk mainan anak-anak yang umumnya tampil mencolok dan kinclong, ditegaskan Felicia juga mengandung zat racun berbahaya.

“Untuk pewarnaan, bahan yang digunakan pada mainan anak-anak dipilih yang terang. Dan itu menggunakan bahan sintetic yang didalamnya terkandung Arsen, Timbal dan zat berbahaya lainnya,” ujar Felicia.

Felicia menyebut, sejumlah mainan anak-anak diantaranya kapur warna, gelang plastik berbagai model dan bentuk, aneka karakter satwa, mobil-mobilan, pistol terbuat dari plastik dipastikan mengandung zat racun berbahaya.

“Model yang menarik, warna yang menarik, bukan jaminan mainan anak-anak terbuat dari plastik tersebut, tidak mengandung zat racun berbahaya bagi manusia. Sepertinya memang cukup banyak mainan anak-anak dari plastik yang berbahaya,” tegas Felicia pada suarasurabaya.net, Jumat (11/4/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
– Berbagai boneka ini juga terbuat dari plastik.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs