Jumat, 10 April 2020

Hasil UN Jadi Tiket Masuk PTN

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Satu diantara 10 aspek perbedaan Ujian Nasional (UN) tahun 2014 dengan tahun sebelumnya adalah pemanfaatan hasil UN yang sepenuhnya akan dijadikan pertimbangan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (Baca: 10 perbedaan UN 2014 dan 2013).

Dihimpun dari berbagai sumber, Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan mulai tahun 2014 hasil UN sepenuhnya akan dijadikan pertimbangan dan tiket masuk ke PTN.

Hal ini sesuai kesepakatan yang dilakukan Mendikbud dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak tahun 2013 lalu. Baik itu untuk jalur SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri.

Dalam kesepakatan tersebut juga diketahui keterlibatan PTN dalam pelaksanaan dan pengawasan juga meningkat.

Tujuannya agar pemangku kepentingan di PTN mengetahui UN berjalan dengan baik dan memiliki kompetensi untuk terintegrasi dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni perguruan tinggi.

Dari keterangan Sukemi, Staf Khusus Kemendikbud, PTN turut menyumbang materi soal UN 2014 untuk jenjang SMA Sederajat sebesar 15 persen.

Menurut Prof. Sudharto P Hadi, Rektor Undip, Semarang, indikator penilaian seleksi masuk PTN di bagi menjadi dua yakni indeks sekolah dan indeks siswa. “Hasil UN merupakan salah satu komponen dalam indeks siswa,” kata Sudharto.

Selain hasil UN, komponen yang jadi pertimbangan ialah nilai rapor siswa di SMA sejak awal masuk. Terutama pelajaran dengan program studi yang dipilih. “keduanya akan diformulasikan sesuai bobot yang telah disepakati bersama,” ungkap Sukemi.

Di tahun 2014 saat ini hasil UN sepenuhnya dijadikan pertimbangan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sedangkan tahun 2013, hasil UN belum sepenuhnya jadi pertimbangan masuk PTN.(berbagai/ain/dwi)

Foto : Ilustrasi

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Tol arah Ngawi KM 669

PJU roboh di Flyover Waru

Kecelakaan di bawah Layang Waru

Banjir di Blega, Bangkalan

Surabaya
Jumat, 10 April 2020
26o
Kurs