Selasa, 14 Mei 2024

Heroik Track Surabaya Juang Singgahi Jejak Sejarah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rumah HOS Tjokroaminoto jadi satu diantara destinasi HeroikTrack. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Selain Sekolah Kebangsaan, program Heroik Track Surabaya Juang digelar menyambut peringatan Hari Pahlawan 10 November, dengan menyinggahi sejumlah destinasi peninggalan dan jejak sejarah bangsa yang tersisa di Kota Surabaya.

“Program Heroik Track Surabaya Juang digelar khusus untuk pelajar. Pesertanya pelajar, mulai dari SD sampai SMA. Dengan destinasi sejumlah tempat atau peninggalan jejak sejarah perjuangan bangsa yang tersisa di Kota Surabaya,” terang Wiwiek Widawati kepala dinas kebudayaan dan pariwaisata (Disbudpar) Surabaya.

Dengan menggunakan transportasi yang disediakan Pemkot Surabaya, lanjut Wiwiek, peserta Heroik Track Surabaya Juang berkumpul di Balai Kota Surabaya kemudian meluncur kesejumlah destinasi. Dari Balai Kota Surabaya menuju Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, gedung GNI di Jl. Bubutan, Tugu Pahlawan, rumah HOS Tjokroaminoto. Dan kembali ke Balai Kota Surabaya.

Program yang memang digelar selama bulan November ini, dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Jumat. Dalam sehari, sekurangnya dua rute dibuka untuk pelajar dalam rangka menyambut peringatan Har Pahlawan 10 November.

Program Heroik Track Surabaya Juang ditegaskan Wiwiek Wiedayati diharapkan diikuti para pelajar sebagais atu diantara sarana untuk membangkitkan nilai-nilai kepahlawanan sekaligus memupuk semangat nasionalisme diantara para pelajar yang nota bene adalah generasi muda penerus bangsa.

“Harapan kami, program Heroik Track Surabaya Juang membangkitkan semangat nasionalisme sekaligus menggugah nilai-nilai kepahlawanan bagi para pelajar yang juga bagian dari generasi muda penerus bangsa,” tukas Wiwiek Wiedayati saat ditemui suarasurabaya.net, Senin (3/11/2014).

Dari catatan panitia Heroik Track Surabaya Juang, lebih dari 30 sekolah SD, SMP dan SMA di Surabaya mengikuti program yang digelar secara cuma-cuma tersebut.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
27o
Kurs