Sabtu, 18 Mei 2024

Hub Side Down Tutup Festival Musim Semi Prancis di Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Hub Side Down adalah proyek fotografi Bertrand Meunier yang dikerjakan di Asia selama 10 tahun, dengan menjelajahi empat megapolitan; Hong Kong, Bangkok, Tokyo serta Shanghai untuk mengabadikan ruang dan manusia yang ada di dalamnya.

Karyanya menampilkan keresahan manusia kota yang diambil dengan pendekatan ekspresionis. Bertrand mengetuk empati kita melalui kegelisahan yang tersirat dari raut wajah dan perilaku manusia yang terbidik oleh kameranya sekalligus memberikan perspektif baru mengenai kemanusiaan yang dihadapkan secara langsung pada dunia science-fiction yang mewujud dalam foto hitam-putih, grainy dan berukuran besar.

Atas undangan IFI, bulan Februari lalu Bertrand melakukan residensi di Jakarta untuk melengkapi proyeknya dengan profil Ibu Kota Indonesia. Wajah Jakarta dari sudut pandang Bertrand yang kadang terasa pahit; kontras pada hitam-putih fotonya mewakili kontras nasib orang-orang yang ada didalamnya.

Musim Semi Prancis ke-10 tahun ini di Surabaya tak terasa menapaki acara terakhirnya. Bekerjasama dengan House of Sampoerna, karya-karya Bertrand Meunier dijadwalkan bakal digelar 17 Juni sampai 23 Juni 2014 mendatang di Galery House of Sampoerna.

“Bertrand Meunier, peraih beragam penghargaan fotografi, diantaranya Penghargaan Niépce pada tahun 2007, dan Bertrand membuat karyanya dengan pendekatan sinematografis. Setelah studi lapangan, Bertrand merangkai seri gambar dan mengkonstruksi sebuah peristiwa,” tutur Krishna Pramendha atase press IFI Surabaaya pada suarausrabaya.net, Senin (16/6/2014).

Bertrand Meunier menyelami bidang perubahan sosial dan tinggal di China kurang lebih sekitar 12 tahun. Kemudian berkelana kesejumlah megapolitan Asia, termasuk di Jakarta, pada awal 2014. Bertrand juga menjadi bagian dari perkumpulan fotografer Tendance Floue.(tok/wak)

Teks foto:
– Satu diantara karya Bertrand Meunier yang dipamerkan.
Foto: Bertrand Meunier for IFI Surabaya.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs