Kamis, 16 Mei 2024

Idhul Adha, 300 Ribu Kambing akan Dikurbankan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Foto: hewankambingkurban.blogspot.com

Permintaan hewan kurban selama lebaran kali ini diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen dibandingkan lebaran kurban sebelumnya. Jika melihat peningkatan dari tahun-ketahun, peningkatan terbesar adalah permintaan hewan kurban di daerah perkotaan seperti Surabaya, Malang, Kediri, Jember dan Madiun.

“Kita sudah hitung, dari tahun-ketahun peningkatannya antara 5-10 persen. Untuk tahun ini diperkirakan meningkat 10 persen,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur, Rabu (1/10/2014).

Dengan kenaikan 10 persen, maka jumlah sapi di Jawa Timur yang diperkirakan akan disembelih pada lebaran kurban kali ini akan mencapai 75 ribu ekor, karena pada tahun lalu jumlah sapi yang disembelih tercatat sudah mencapai 70 ribu ekor.

Sedangkan untuk kambing, tahun ini diperkirakan akan ada 300 ribu ekor yang disembelih. Untuk kambing ini, pada tahun lalu jumlah yang disembelih sebanyak 265 ribu ekor.

Gus Ipul juga mengatakan, untuk memastikan hewan yang dikurban bebas penyakit, dirinya juga telah minta Dinas Peternakan melakukan pemeriksaan ke seluruh sentra-sentra penjual hewan kurban.

“Seluruh perbatasan masuk Jatim juga kita jaga. Setiap hewan kurban yang masuk harus diperiksa jangan sampai mengandung penyakit,” kata dia. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs