Jumat, 3 Mei 2024

Imlek 2565 Meriah Dengan Atraksi Barongsai

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Melengkapi keramaian dan keceriaan Imlek 2565, berbagai aktivitas digelar dipusat-pusat perbelanjaan, diantaranya aksi pertunjukan Barongsai.

“Ini memang bagian dari Imlek. Setiap tahun, Barongsai kami gelar memeriahkan kegiatan-kegiatan Imlek di Pasar Atom. Selain bazar berbagai tenant menyediakan pernik Imlek , juga kami hadirkan kesenian Barongsai,” ujar Yurike staf marketing Pasar Atom Surabaya.

Sudah sekitar sebulan lalu, setiap Sabtu pusat perbelanjaan dikawasan Surabaya utara itu menjelang perayaan Imlek 2565 menggelar atraksi Barongsai. “Mereka berkeliling dari tenant ke tenant dibeberapa lantai mall,” tambah Yurike.

Kehadiran Barongsai sebagai bagian dari perayaan Imlek memang sudah berlangsung sejak berabad-abad lalu di setip komunitas masyarakat Tionghoa atau Cina dimanapun mereka berada.

Demikian juga dengan para pengurus klenteng, setiap menjelang dan memeriahkan perayaan imlek, selalu diwarnai dengan munculnya atraksi Barongsai dengan segala keunikannya.

“Biasanya memang perayaan tahun baru Imlek kurang meriah tanpa kehadiran Barongsai. Oleh karena itu, di klenteng juga biasanya digelar atraksi Barongsai, setelah persembahyangan Imlek selesai digelar,” ujar Yuliani pengurus klenteng Hong San ko Tee, Surabaya pada suarasurabaya.net, Rabu (29/1/2014).

Tahun ini, perayaan Imlek berlangsung pada Jumat (31/1/2014) mendatang, dan di Surabaya beberapa kelompok Barongsai mulai kewalahan menerima order tampil di pusat-pusat perbelanjaan, maupun klenteng sambut Imlek 2565.(tok/rst)

Teks foto:
-Atraksi Barongsai jelang Imlek di pasar Atom, Surabaya.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs