Jumat, 3 Mei 2024

Indonesia Butuh 5 Juta Kantong Darah Per Tahun

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Farid Hasain Ketua Bidang Unit Donor Darah Rumah Sakit dan Pelayanan Kesehatan PMI Pusat, mengatakan, jumlah ideal kebutuhan darah di satu negara menurut World Health Organization (WHO) adalah sekitar 2 persen dari total penduduk.

“Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta, membutuhkan sekitar 4,8 sampai 5 juta kantong darah per tahun,” ungkap Farid.

Farid menyampaikan kebutuhan darah itu saat menerima donasi 1 Unit mobil Unit Donor Darah (UDD) dari Wiwiek Yusuf Marketing Director PT Indomarco Prismatama, di kantor PMI Jakarta, Kamis, 9 Oktober tadi.

Sebelumnya Indomaret juga telah memberikan bantuan 2 (dua) unit mobil UDD untuk wilayah Karawang dan Cilacap. Donasi ini merupakan hasil penggalangan dana pelanggan Indomaret yang kedua untuk program kemanusiaan PMI pada Maret-September 2013, sebesar Rp 7 miliar yang sudah diserahkan ke PMI.

PMI terus berupaya memenuhi kebutuhan darah secara nasional, baik dengan menyediakan 212 Unit Donor Darah (UDD) yang tersebar di seluruh Indonesia, PMI juga menyediakan UDD di mal atau kampus serta mobil UDD yang dimobilisasi dalam event di masing-masing provinsi atau Kabupaten. (jos/nif/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs